-->

Tiga Desa di Majene Terima Sarana Pamsimas III, Ada Perpipaan Hingga APD

On Kamis, Agustus 19, 2021

MASALEMBO.COM

Wabup Arismunandar saat meresmikan sarana Pamsimas III di Desa Betteng, Pamboang, Majene, Kamis, 18 Agustus 2021 [Anugrawati/Humas Majene]


MAJENE, MASALEMBO.COM - Tiga Desa di Kecamatan Pamboang, Kabupaten Majene menerima sarana Pamsimas III untuk program HKP 2021. Ketiga desa tersebut yaitu Betteng, Bukit Samang dan Tallu Banua.

Peresmian dan serah terima dilaksanakan di Desa Betteng, Kamis 19 Agustus 2021. Program tersebut berupa pelayanan sarana air bersih termasuk bantuan penaganan Covid 19. Serah terima disaksikan Wakil Bupati Majene Arismunandar. Ia juga meresmikan dan menandatangani prasasti. 

Turut Hadir Ketua Balai Pemukiman dan Prasarana Wilayah Sulbar yang diwakili Andi Ibrahim Nawawi, ST, Ketua PPK Air Minum Sulbar Husain HS, ST,.MT, perwakilan Camat Pamboang, Camat Sendana, Kepala Desa Betteng, Kepala Desa Bukit Samang, Kepala Desa Tallu Banua, District Coordinator (Korkab) Pamsimas Manajmen Astrid Siahaja, ST, anggota Pamsimas III dan tokoh masyarakat.

Bantuan yang serah terimakan diantaranya, untuk Desa Betteng masing-masing satu unit perpipaan sepanjang 1.300 meter, PMA, reservor, KU, SCT serta kegiatan pelatihan. Selain itu, bantuan APD berupa thermometer gun, masker, kaos tangan dan handsanitizer.

Untuk Desa Bukit Samang menerima masing -masing satu unit PMA, perpipahan, reservoar, unit B pengelolaan air, sumur bor dangkal, 2 unit HU dan 1 SCT, 1 unit jamban sehat sekolah serta kegiatan pelatihan. Bantuan APD berupa thermometer gun juga diterima, serta masker, kaos tangan dan handsanitizer. 

Untuk Desa Tallu Banua Utara menerima masing-masing 1 unit intake, 4828 meter perpipaan, 2 unit reservoar, 4 unit HU, 1 SCT sekolah, kegiatan pelatihan, serta bantuan APD berupa thermometer gun, masker, kaos tangan dan handsanitizer.

Kepala PPK Air Minum Sulbar, Husain berharap tetap dapat bersinergi dengan pemerintah daerah melalui  OPD yang terkait keciptakaryaan.

"Program ini butuh disupport, baik dalam penganggaran Pemerintah Desa, juga iuran yang disepakati oleh masyarakat sebagai pengguna manfaat sarana tersebut," ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Perwakilan Kepala Balai Pemukiman dan Prasarana Wilayah  Sulbar Andi Ibrahim Nawawi. Kata dia, setelah sarana tersebut diserahterimakan masyarakat harus bisa menjaga. Tujuan agar program tersebut sebagai perluasan akses terhadap sarana air bersih yang berkualitas dan berwawasan lingkungan serta pemahaman sanitasi perilaku hidup bersih dan sehat dapat terwujud. 

"Kami senang bangga program Pamsimas III ini sudah direncanakan. Alhamduilan setelah melihat hasilnya kami senang, program ini terlaksana atas kerjasa seluruh pihak," terangnya.

Wakil Bupati Majene Arismunandar kembali menegaskan sangat merespon segala upaya dan bentuk program yang bersentuhan dengan kemaslahatan orang banyak. Terutama kebutuhan dasar  ketersediaan air minum.

"Luar biasa program ini berjalan mulai 2008, mudah-mudahan program ini akan ada keberlanjutan apakah dalam bentuk format baru atau sama," ujarnya.

Wabup Aris juga bersyukur program Pamsimas telah menyentuh seluruh Desa di Majene. (Hr/red)

comments