-->

Sufyan Ilbas, Dari Nge-MC ke Pembicara Seminar Nasional

On Sabtu, Maret 05, 2022

MASALEMBO.COM

Sufyan Ilbas [ist/Facebook]


MAJENE, MASALEMBO.COM - Bagi jajaran wartawan di Majene, Provinsi Sulawesi Barat, hampir pasti tak ada yang tak kenal dengan nama Sufyan Ilbas. 

Bukan tanpa sebab, Kasubag Protokoler Prokompi Humas Setda Majene itu nyaris tiap hari berkomunikasi dengan sejumlah awak media di bumi Assamalewuang. Paling tidak, Sufyan memberi kabar tentang agenda para pimpinan di Pemda Majene.

Maka setiap harinya, ia bakal mengirim jadwal agenda, terutama bupati, wakil bupati dan sekretaris daerah (Sekda) Majene.

Nah ada kabar yang cukup membanggakan dari pria kelahiran 15 Mei itu. Ialah ketika dirinya dipilih jadi salah satu pembicara di sebuah seminar di salah satu kampus di pulau Jawa. 

Sufyan diminta jadi pembicara pada Seminar Nasional bertajuk "Talktive In Polkesmar" yang diselenggarakan oleh Dewan Permusyawaratan Mahasiswa (DPM) Poltekkes Kemenkes Semarang. Kegiatan itu bakal berlangsung Minggu 6 Maret 2022 bertempat di Ruang Teater Lantai 5 Gedung Pasca Sarjana Politeknik Kesehatan Semarang.

Bagi Sufyan, sama sekali tak menyangka, dan sudah pasti ini membanggakan bagi ASN yang kerap nge-MC di setiap momen kegiatan di lingkup Pemda Majene itu.

"Sesuatu yang sangat membagakan buat saya pribadi, karena biasanya yang diminta jadi narasumber adalah dari Kementerian, entah kenapa pilihannya jatuh ke putra daerah Kabupaten Majene yang hanya punya secuil ilmu pengetahuan," kata Sufyan Ilbas via pesan elektronik WhatsApp, Jumat (4/3/2022).

Sufyan mengatakan, tak menyangka bakal dipilih jadi pembicara seminar nasional di pulau Jawa. Pasalnya dia berkomunikasi dengan pihak kampus Poltekes Kemenkes Semarang-- sang pelaksana kegiatan, hanya berawal dari akun Instagram.

"Pada saat saya dihubungi oleh panitianya via DM Instagram saya juga hampir tidak percaya, setelah berlanjut chat via WA baru saya betul-betul yakin," ujar pria yang selalu tampil rapih itu.

Fyan, sapaan karib Sufyan Ilbas mengatakan, dirinya akan membawakan materi tentang publik speaking, keprotokoleran dan Master of Ceremony (MC). 

"Mohon do'anya semoga semua dilancarkan," pintanya pada awak masalembo.com


Selain Sufyan Ilbas, sejumlah pemateri lainnya dalam seminar itu yakni Ketua Dewan Permusyawaratan Mahasiswa (DKM) Poltekes Kemenkes Semarang Tahun 2020; Faishal Adi Nugroho, A. Md, kemudian Tenaga Ahli Komisi VIII DPR RI; Aditya Nurullahi Purnama, Komisi I Bidang Hukum dan Perdagangan DPM 2020; Lion Bantar Buana serta Luthfi Rusyadi, SKM., M.HKes., M.Sc selaku Direktur III DKM Poltekes Kemenkes Semarang.

Sekedar untuk diketahui, Sufyan Ilbas memang terbilang lama berkecimpun di dunia keprotokoleran, setidaknya di Pemda Majene. Beberapa pelatihan dan seminar nge-MC juga pernah diikuti, tak salah jika ia disebut sebagai praktisi keprotokoleran. 

Nah, meski berawal dari jadi master of ceremony, namun kini Fyan Ilbas sudah didaulat jadi pembicara seminar nasional. (Hr/Red)



 





comments