-->

RS Bhayangkara Imbau Segera Laporkan Korban Gempa, Pj Gubernur Minta Warga Waspada

On Rabu, Juni 08, 2022

MASALEMBO.COM

Pj Gubernur Sulbar Akmal Malik
 [ist/masalembo.com]


MAMUJU, MASALEMBO.COM - Gempa berkekuatan 5,8 Magnitudo kembali mengguncang Kabupaten Mamuju, Majene dan sejumlah wilayah di Sulawesi Barat siang tadi, Rabu (08/06/22).

Akibatnya, beberapa gedung perkantoran dan rumah warga dilaporkan mengalami kerusakan, bahkan tidak sedikit masyarakat yang menjadi korban luka dari gempa tersebut.

Mengantisipasi adanya korban yang tidak mendapatkan perawatan medis, Rumah sakit Bhayangkara Mamuju membuka layanan medis darurat untuk melayani para korban.

“Kami sudah mensiagakan beberapa orang tenaga medis dan tempat perawatan darurat bagi korban," kata Kepala Rumah Sakit Bhayangkara Mamuju AKBP Syahrul, Rabu siang.


Selain itu, ia menghimbau kepada seluruh masyarakat agar segera membawa korban gempa ataupun melaporkan kepada pihak Rumkit Bhayangkara.

“Jangan ditunda-tunda, kalau ada keluarga ataupun orang sekitar yang menjadi korban, segera bawa kesini untuk diberikan pelayanan medis secara cepat dan tepat," Imbau Syahrul.

Sejauh ini, sudah ada beberapa korban yang mendapat perawatan medis, diantaranya mengalami luka robek akibat goresan benda tajam saat berusaha menyelamatkan diri.

Penjabat Gubernur Sulbar Akmal Malik sesaat setelah kejadian gempa menghimbau agar warga tidak panik namun harus waspada.

"Gempa tidak melukai orang, siapapun, namun yang melukai itu bangunannya, jadi waspadai bangunan yang bisa menimpah kepala," kata Akmal di sela kunjungan kerja di Majene, Rabu siang.

Akmal mengatakan hingga saat ini tak ada satu alat pun yang bisa mendeteksi kapan terjadinya gempa, karena itu warga Sulawesi Barat diminta selalu waspada, tak mendekati bangunan retak dan yang potensi runtuh. (Hr/Red)

comments