-->

Hot News

Kapolda Sulbar Ungkap Kendala Percepatan Pembangunan SPN Mekatta

On Rabu, Juli 27, 2022

MASALEMBO.COM

Kapolda Sulbar didampingi Bupati dan Kapolres Majene memberikan keterangan kepada sejumlah awak media, Rabu (17/7) siang. [Gie/Masalembo.com]


MAJENE, MASALEMBO.COM - Kapolda Sulawesi Barat Irjen Pol Verdianto Iskandar Binticaca mengakui keterbatasan anggaran adalah hal yang menjadi kendala percepatan pembangunan Sekolah Polisi Negara (SPN) di Desa Mekkatta, Kecamatan Malunda, Kabupaten Majene.

Hal demikian disampaikan Verdianto saat melakukan kunjungan dan bersilaturahmi dengan jajaran Pemda Majene, Rabu, 27 Juli 2022.

Di kesempatan itu, Kapolda mengatakan, untuk tahun ini SPN Mekatta dipastikan belum bisa menampung siswa bintara Polri di jajaran Polda Sulawesi Barat, sebab gedung yang mulai dibangun tahun 2020 itu hingga kini belum rampung.

"Memang untuk tahun ini masih belum, karena masih terkendala dengan fasilitas," kata Kapolda Verdianto I Binticaca di rujab bupati Majene, Rabu siang.

Pati Polri berpangkat dua bintang itu mengungkap, kondisi yang ada di SPN Mekatta saat ini masih sangat minim fasilitas. Gedung memang sudah ada namun isinya belum memadai.

"Untuk tempat tinggal, meja, kursi untuk belajar, itu belum ada. Tempat tidurnya juga baru sedikit," ungkapnya kepada sejumlah awak media.

Ia mengatakan, persoalan anggaran adalah hal klasik yang menghambat percepatan pembangunan SPN satu-satunya di Sulbar itu.

"Iya memang keterbatasan daripada keuangan negara juga, makanya kita juga menghimbau, juga kita berharap beberapa pemerintah daerah kabupaten yang ada di Sulawesi Barat ini mau membantu," ujar Kapolda.

Kapolda mengatakan selain Pemda Majene, kabupaten lain di Sulbar juga diharapkan dapat membantu mempercepat proses perampungan SPN Mekatta agar segera difungsikan.

"Mudah-mudahan nanti ada bupati lain juga (membantu) sehingga tahun depan anak-anak kita bukan dididik di Makassar lagi tapi di sini," ujarnya.

Mantan Kakorpolairud Baharkam Polri itu mengatakan, dengan beroperasi SPN Mekatta nantinya, selain mengurangi biaya bagi putra-putri Sulbar yang lolos jadi siswa bintara Polri juga dapat membantu menggerakkan roda perekonomian masyarakat.

"Roda ekonomi di daerah sekitar Malunda itu pasti akan bagus, akan meningkat," ujar pria kelahiran Makassar itu.

Meski belum rampung, namun Kapolda Binticaca menargetkan tahun depan SPN Mekatta, Kecamatan Malunda dapat dioperasikan.

Bupati Majene Andi Achmad Syukri di tempat yang sama, menyatakan komitmennya untuk mendukung percepatan pembangunan SPN Mekatta. 

"Kita juga merasa bertanggung jawab, apalagi sekolah ini di wilayah kita, kita juga malu sebagai pemerintah Kabupaten Majene kalau tidak ada perhatian," ujar Syukri. 

Bupati mengatakan, setelah sebelumnya Pemda Majene telah membebaskan lahan pembangunan gedung sekitar 21 hektar, selanjutnya akan segera membangun jalan menuju SPN tersebut. (Hr/Red)

comments