-->

Mulai 1 September, Susi Air Layani Penerbangan Mamuju-Balikpapan

On Rabu, Agustus 24, 2022

MASALEMBO.COM

Foto bersama usai penentangan MoU antara pihak Pemprov Sulbar dengan Susi Air di Jakarta, Rabu 24 Agustus 2022. [IST/Kominfo Sulbar]


JAKARTA, MASALEMBO.COM - Pemprov Sulbar menandatangani MoU dengan Susi Air untuk pembukaan rute penerbangan baru dari Mamuju ke Balikpapan, Kalimantan Timur. 

MoU ditandatangani oleh Direktur Utama PT Sulawesi Barat Malaqbi (Perseroda) Arianto Burhan Makka dan Direktur Utama PT Asi Pudjiastuti Aviation (Susi Air) Zulkarnaen Adinegara. 

Penandatanganan ini disaksikan oleh Pj Gubernur Sulbar Akmal Malik dan Komisaris Utama Susi Air, Susi Pudjiastuti di Jakarta, Rabu, 24 Agustus 2022.

“Penerbangan ini rencananya akan dimulai pada tanggal 1 (September 2022) mendatang,” kata Susi Pudjiastuti usai penandatanganan MoU. 

Penerbangan dengan rute Mamuju, Sulbar-Balikpapan, Kalimantan Timur yang dilayani oleh Susi Air akan menggunakan pesawat baru. Dengan menggunakan pesawat baru tersebut juga diklaim dapat menghemat biaya operasional.

“Nantinya dengam menggunakan pesawat baru ini akan menghemat 8 persen dari cost (biaya operasional pesawat-red) dan juga menghemat 80 persen waktu (waktu terbang dari Mamuju ke Balikpapan),” terang Susi Pudjiastuti. 

Sementara itu, Pj Gubernur Sulbar Akmal Malik mengungkapkan kebahagiaannya setelah menandatangani MoU dengan pihak Susi Air untuk rute penerbangan Mamuju-Balikpapan. 

“Kalau selama ini kita kalau mau ke Balikpapan harus ke Makassar dulu, maka sekarang bisa langsung Mamuju-Balikpapan. Ini tentunya secara ekonomi dan waktu, tentu menghemat serta efisien,” terang Akmal.

Direktur Jenderal (Dirjen) Otonomi Daerah pada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) ini menegaskan, dengan dibukanya rute penerbangan Mamuju-Balikpapan dengan menggunakan pesawat Susi Air, pihaknya juga sudah menjalankan amanat Presiden RI Joko Widodo. 

“Dengan dibukanya rute penerbangan Mamuju ke Ibu Kota Negara (IKN) baru ini kami sudah menjalankan amanat Pak Presiden untuk menopang pembangunan IKN salah satunya dengan penerbangan langsung,” terang Akmal Malik. 

Dia menegaskan, posisi Sulbar sangat strategis sebagai salah satu daerah  penyangga utama pembangunan IKN Nusantara. “Hebatnya lagi rute penerbangan ke IKN yang dilayani Susi Air ini pakai pesawat baru,” tutur Akmal. 

Di sisi lain, Akmal Malik menyebutkan, roda perekonomian masyarakat Sulbar juga akan makin bergerak positif dengan adanya rute penerbangan baru ini. (Ril/Har)

comments