-->

Hot News

Upacara Hari Kesadaran Nasional, Wabup Aris Bahas Sejumlah Isu Penting

By On Selasa, September 20, 2022

Selasa, September 20, 2022

Wabup Arismunandar memimpin Upacara Hari Kesadaran Nasional, 19 September 2022. [FOTO: Prokopim Setda Majene]


MAJENE, MASALEMBO.COM - Wakil Bupati Majene Arismunandar menyampaikan sejumlah hal yang menjadi isu penting saat memberikan Amanat Upacara Hari Kesadaran Nasional Tingkat Kabupaten Majene, Senin (19/9/2022).

Salah satunya kebijakan 
menahan laju inflasi akibat kenaikan harga BBM yang disikapi Pemerintah Pusat melalui PKM Nomor 7 Tahun 2022, dimana setiap Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota harus menggarkan 2 persen pada komponen anggaran di APBD, yaitu Dana Transfer Umum, Dana Bagi Hasil dan Dana Alokasi Khusus untuk menyelesaikan persoalan akibat penyesuaian harga BBM.

Olehnya itu kata Aris, Pemerintah Daerah telah mengikuti arahan Pemetintah Pusat dan telah melakukan penyesuaian di Plafon APBD Perubahan 2022 dan lebih lanjut akan dilakukan penyampaian ke OPD, termasuk koordinasi dengan pihak Pemerintah Desa dan Kecamatan untuk melalukan alokasi maksimal 30 persen. 

"Kita sudah mengikuti hal tersebut dimasukan dalam plafon Perubahan APBD 2022, selanjutnya kita akan koordinasi lagi bersama OPD," ucapnya.

Selain persoalan tersebut Alumni IPDN ini juga menyampaikan akan mengaktifkan kembali pengelolaan bank sampah khususnya di masing-masing OPD. Hal itu untuk menyikapi volume sampah di Majene yang kian bertambah, serta menginstruksikan kepada DLHK Majene sebagai leading sektor agar bulan ini segera ditindak lanjuti.

Upacara Kesadaran Nasional 19 September 2022 di Halaman Rujab Pemda Majene. [FOTO: Prokopim Setda Majene]


Informasi lainnya, terkait administrasi pencatatan sipil, Aris menginformasikan Disdukcapil Majene kembali berinovasi dengan menggandeng Puskesmas di delapan kecamatan. Dimana setiap ibu melahirkan di Puskesmas bisa mengurus akta kelahiran di Puskesmas tanpa harus datang ke kantor Disdukcapil. 

"Ini memudahkan dan mendekatkan pelayanan di masyarakat," ujarnya mengapresiasi.

Hadir dalam upacara yang dilaksanakan di lapangan Pendopo Rujab tersebut, Sekda Majene Ardiansyah, para pejabat eselon II, III, IV, tenaga fungsional dan para staf lingkup Pemkab Majene.(Ril/Hr)

comments