-->

Warga Mandar di Ogotua Tolitoli Gelar Pesta Nelayan, Bupati dan OPD Beri Dukungan

On Selasa, September 13, 2022

MASALEMBO.COM

Warga nelayan Desa Ogotua, Kecamatan Dampul Utara, Kabupaten Tolitoli menggelar pesta nelayan. [Foto: Syarif Pamboang untuk Masalembo.com]


TOLITOLI, MASALEMBO.COM - Warga nelayan Desa Ogotua, Kecamatan Dampul Utara, Kabupaten Tolitoli menggelar pesta nelayan dan syukuran yang dihadiri ratusan pengunjung dari berbagai daerah, khususnya masyarakat yang berdomisili di wilayah tersebut.

Kegiatan pesta nelayan ini diikuti para nelayan yang ada di Desa Ogotua.

Syarif Pamboang selaku ketua panitia mengatakan, selain acara pesta dan syukuran, kegiatan ini juga dirangkaikan dengan beberapa perlombaan. Antara lain lomba renang dan lomba dayung serta lomba balap perahu sandeq (sebutan perahu penangkap ikan berukuran kecil dari Mandar).

Mandar merupakan salah satu suku yang mendiami wilayah Ogotua, Kecamatan Dampal Utara. Mayoritas Nelayan yang hadir menggelar acara pesta sekaligus syukuran adalah orang Mandar.

Syarif dalam sambutannya pada pembukaan acara tersebut mengatakan bahwa kegiatan pesta nelayan ini baiknya dilaksanakan di setiap tahunnya sebagai wujud rasa syukur pada Tuhan yang Maha Esa.

Sementara, Bupati Tolitoli Amran H Yahya dalam keterangannya saat ditemui mengatakan, mendukung sepenuhnya kegiatan pesta rakyat seperti ini.

"Tadi dalam pembukaan kegiatan pesta rakyat dihadiri oleh seluruh OPD terkait yang ada di wilayah Kabupaten Tolitoli. Imi sebagai wujud dukungan pada pesta rakyat khususnya pesta nelayan yang dilaksanakan di Ogotua kali ini" ucapnya.

Kegiatan pesta Nelayan ini dihadiri juga oleh pihak perbank-kan yakni BRI serta BPJS Ketenagakerjaan. Nantinya seluruh nelayan akan diberikan asuransi sebagai dukungan pemerintah pada profesi nelayan yang mempunyai resiko kerja tinggi. (Ril/Hr)

comments