-->

Hot News

Peringati Hari Pahlawan, Sekda Buteng Ajak Masyarakat Teladani Perjuangan Para Pahlawan

By On Kamis, November 10, 2022

Kamis, November 10, 2022

              Upacara peringatan Hari Pahlawan 


BUTON TENGAH, MASALEMBO.COM - Pemerintah Kabupaten Buton Tengah melakukan upacara peringatan Hari Pahlawan. Upacara peringatan Hari Pahlawan yang bertempat di Pantai Katembe ini di pimpin oleh Sekretaris Daerah, Kostantinus Bukide.

Peringatan Hari Pahlawan lingkup Pemda Buteng kali ini diikuti oleh jajaran ASN, para pelajar mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) maupun Sekolah Menengah Atas (SMA). Upacara Hari Pahlawan ini juga diikuti oleh anggota TNI dan Polri.

Upacara berlangsung dengan khidmat diwarnai dengan pembacaan teks pancasila oleh inspektur upacara, pembacaan pembukaan UUD 1945. Dalam upacara tersebut juga dibacakan pesan-pesan perjuangan pahlawan nasional diantaranya Abdul Muis.

“Jika orang lain bisa, saya juga bisa, mengapa pemuda-pemuda kita tidak bisa, jika memang mau berjuang”.

Salah satu pernyataan Ir. Soekarno juga turut dibacakan dalam peringatan Hari Pahlawan kali ini. “Berikan aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya, dan berikan aku 10 orang pemuda, niscaya akan kuguncang dunia”.

Usai peringatan Hari Pahlawan, Sekretaris Daerah Buton Tengah, Kostantinus Bukide yang ditemui awak media menyampaikan agar masyarakat untuk meneladani dan mengimplementasikan nilai-nilai luhur pahlawan dalam kehidupan sehari-hari.

"Harapan saya di momentum Hari Pahlawan ini mari kita jadikan semangat para pahlawan yang telah berjuang penuh dengan keterbatasan dan tantangan yang besar tapi mereka mampu memberikan kemerdekaan untuk bangsa Indonesia," ucap Kostantinus, Kamis (10/11/2022).

Menurut sekda, inti dari pahlawan adalah teladan. Siapapun yang dapat memberikan panutan serta keteladanan bagi sekda adalah pahlawan yang sebenarnya.

"Tidak harus pahlawan yang 45 itu. Tapi para pahlawan tahun 1945 memang telah memberikan teladan dengan keterbatasan dan tantangan yang lebih besar tapi mereka mampu merebut kemerdekaan," kata sekda Buteng.

comments