-->

Hot News

Maksimalkan Pelayanan Kesehatan, DPRD Sumenep Lakukan Sidak ke Sejumlah PKM

By On Rabu, Februari 15, 2023

Rabu, Februari 15, 2023

Ketua Komisi IV Akis Jazuli bersama anggota dewan saat sidah di PKM Batuan. [Foto: Khairullah Thofu]


MASALEMBO.COM, SUMENEP,- Dalam rangka mendorong maksimalasi pelayanan kesehatan kepada masyarakat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumenep, melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke sejumlah Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM), Rabu (15/2/2023).

Salah satu PKM yang didatangi oleh rombongan Komisi IV DPRD Sumenep tersebut, adalah Pusat Kesehatan Masyarakat Sumemep yang ada di Kecamatan Batuan, Kabupaten Sumenep.

Menurut Ketua Komisi IV Sumenep Akis Jazuli mengatakan, kedatangan para wakil rakyat ini merupakan bagian dari tupoksinya dalam hal pengawasan guna memastikan kewajiban negara untuk memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal kepada setiap warga negara.

Termasuk untuk memastikan apakah standart yang sudah ditetapkan bersama oleh Komisi IV DPR Sumenep dengan Dinas terkait sudah implementasikan, mulai dari tenaga medis, fasilitas pendukung layanan.

"Hari ini kami sidak untuk memastikan kualitas layanan dan fasilitasnya," jelasnya kepada sejumlah media. 

Akis Jazuli juga memaparkan hasil temuannya dalam sidak kali ini. Komisi IV menemukan sejumlah fasilitas seperti, kamar inap, kamar mandi dan keamanan masih perlu untuk dioptimalkan. 

Terlebih, menurut Akis, berdasarkan informasi dari pihak Puskesmas, pasien yang datang tidak hanya dari wilayah Batuan, melainkan juga dari kecamatan lain. 

Selain itu, dirinya menilai bahwa memang ada urgensi terkait pelayanan dan fasilitas Puskesmas yang perlu untuk segera dipenuhi, karena hal tersebut berhubungan dengan kepentingan masyarakat banyak. 

"Ini bersangkutan dengan pelayanan kepada masyarakat, maka kita perlu segera realisasikan," katanya. 

Wakil rakyat yang juga menjabat sebagai Ketua Presedium KAHMI Sumenep ini akan membawa hasil temuannya ke Dinas Kesehatan sebagai pihak yang bertanggung jawab terhadap pelayanan kesehatan.

Selain itu dirinya berjanji mendorong dan memastikan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, benar-benar serius dalam memberikan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat. 

Salah satunya, yakni dengan menyediakan fasilitas dan pelayanan yang prima. 

"Kita akan koordinasikan dengan pihak terkait, dalam hal ini Dinkes" tandasnya. (TH)

comments