-->

Hot News

Hatta Kainang Siap Perjuangkan Kakao Unggulan di Sulbar

By On Selasa, Maret 14, 2023

Selasa, Maret 14, 2023

Hatta Kainang, SH [ist]

MAMUJU,MASALEMBOMCOM - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Barat Muh Hatta Kainang siap memperjuangkan kakao sebagai komoditas unggulan di provinsi ke-33 RI.

Hal tersebut disampaikan usai mendengar suara masyarakat yang menemuinya di salah satu cafe di Mamuju, Senin (13/03/2023) tadi malam.

"Saya akan hadir langsung untuk menyuarakan soal bagaimana komoditas kakao bangkit kembali," ujar Hatta.

Apalagi, kata Hatta Kainang, daerah-daerah di Sulbar sendiri dulunya merupakan penghasil kakao. "Dan ketika kakao tidak dibangkitkan lagi melalui supporting (dukungan) anggaran serta perencanaan yang bagus dan matang, jangan kita berharap bahwa ekonomi akan baik," katanya.

Dia berharap, dalam Musrenbang Provinsi nanti, ada kesepakatan ataupun kesimpulan bahwa kebangkitan kakao harus kembali dilakukan.

"Karena ini menyangkut tentang bagaimana menggerakkan ekonomi masyarakat dan menaikkan income (penghasilan) masyarakat," ujarnya.

Terkait kakao Sulbar yang pernah merajai dan dianggap sebagai primadona kakao di Indonesia, politisi Partai Nasdem itu mengatakan, hal demikian tidak boleh dibiarkan saja meredup dan tidak diseriusi. "Saya ada ketakutan bahwa kedepan ekonomi masyarakat di eks sentra kakao yang dulu berjaya itu akan terjadi kemerosotan ekonomi," ungkapnya.

Sehingga, lanjutnya, pemerintah daerah diharapkan total dalam membangkitkan kembali komoditas kakao yang pernah berjaya di Sulawesi Barat.

"Karena tidak bisa dipungkiri, tidak bisa kita muluk-muluk, tidak usah kita mengembangkan komoditas lain, cukup misalnya Pasangkayu dan Mateng, serta sebagian Mamuju dengan sawitnya, sebagian Mamuju, Mamasa, Majene, Polman masih kita berharap kakao dibangkitkan kembali," imbuh Hatta Kainang.

Hatta menyebut, petani masih optimis, tapi catatannya adalah pemerintah harus serius dan total untuk kemudian membackup dan melakukan intervensi anggaran terhadap pengembangan kakao Sulawesi Barat. (Wal/Har)

comments