-->

Hot News

Disbudpar Majene Siapkan Agenda Festival Segitiga Perahu Sandeq

By On Senin, Mei 15, 2023

Senin, Mei 15, 2023

Muhammad Ikhsan [ist]

MAJENE, MASALEMBO.COM - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Majene mulai melakukan rapat perdana rencana penetapan jadwal Festival Teluk Mandar Lomba Segitiga Perahu Layar Sandeq Race 2023.

Perahu layar tradisional khas Mandar yang bercadik itu, menjadi program tahunan Pemerintah Daerah untuk melestarikan budaya sebagai perahu tradisional khas suku Mandar itu, hanya mengandalkan layar tanpa mesin yang sejak dulu digunakan untuk melaut.

"Untuk rencana festival teluk Mandar lomba perahu sandeq digelar pada Agustus 2023, apakah sebelum rangkaian hari jadi Majene atau setelahnya karena kita masih melakukan rapat lanjutan," terang Muhammad Ikhsan Plt Kabid Pemasaran Disbudpar Majene, Senin (15/05/2023).

Selain penyelenggaraan festival teluk Mandar juga akan digelar kegiatan student perahu sandeq bagi anak-anak sekolah untuk belajar tentang perahu sandeq serta sejumlah kegiatan lainnya.

"Jadi penganggarannya nanti akan sharing APBD dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)," ulasnya.

Dijelaskan, nilai-nilai filosofis yang terkandung dalam perahu layar sandeq akan sangat relevan untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

"Perahu Sandeq itu, sebuah kearifan lokal, budaya lokal dan warisan luhur di Mandar," jelasnya. (Ril/fid)

comments