-->

Hot News

Bupati Sumenep Dorong OPD Mengilhami Pikiran-pikiran Bung Karno

By On Sabtu, Juni 17, 2023

Sabtu, Juni 17, 2023

Kegiatan bincang santai 'Membaca Bung Karno' di hotel Kaberaz (Foto: Khairullah/masalembo.com)



SUMENEP, MASALEMBO.COM - Bupati Sumenep Achmad Fauzi menyampaikan sejumlah pesan saat perayaan Bulan Bung Karno dengan tema "Membaca Bung Karno" di Hotel Kaberaz Sumenep, Sabtu 17 Juni 2023.

Bupati Fauzi mendorong dan mengingatkan, setiap jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Sumenep untuk mengilhami pikiran-pikiran Ir Soekarno dalam menjalankan fungsi dan tanggung jawabnya sebagai abdi negara didalam memberikan pelayanan ke masyarakat.

Menurutnya, Bapak Proklamator Republik Indonesia memiliki gagasan besar yang progresif untuk kemajuan bangsa dan negara. 

"Spirit Bung Karno salah satunya adalah soal pemikirannya, yang mana sebelum orang memikirkannya, Soekarno sudah memikirkan itu lebih dulu," katanya, saat membuka Bincang Santai Bertema Membaca Bung Karno, Sabtu (17/06/2023). 

Tidak hanya itu Bung Karno juga merupakan seorang pemimpin yang sangat dekat dengan masyarakat. Bung Karno tidak segan menjumpai masyarakat secara langsung, guna mendengar keluh kesah rakyat yang menjadi basis utama dari kebijakan politiknya. 

Maka menurutnya, menanamkan nilai-nilai pemikiran Bung Karno dalam kehidupan berbangsa dan menjalankan roda pemerintahan adalah kewajiban sejarah bagi generasi penerus.

Sementara itu, Budayawan Ibnu Hajar yang menjadi pemateri dalam kesempatan tersebut, menganggap pernyataan yang dilontarkan oleh Bupati Fauzi sejatinya adalah sebuah warning dan cambukan bagi para Kepala OPD yang hadir saat itu.

Sebab kata dia, seluruh OPD dalam mengelola negara dituntut memiliki kecerdasan dan wawasan seperti Bung Karno. Terutama dalam hal kreativitas menerjemahkan visi-misi dan program kerakyatan Bupati Sumenep.

"Mau bagaimanapun Bupati adalah jabatan politik, kalau OPD adalah jabatan birokratis. Untuk itu mereka harus mampu menerjemahkan visi dan misi Bupati," tutupnya. (TH)

comments