-->

Hot News

FGD KPU Majene: Penghitungan Suara di TPS Direncanakan Dua Panel

By On Minggu, Juni 25, 2023

Minggu, Juni 25, 2023

Akademisi Unsulbar Farhanuddin menjadi narasumber dalam FGD KPU Majene, Sabtu 24 Juni 2024. [Ist/masalembo.com]


MAJENE, MASALEMBO.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Majene menggelar FGD Penyiapan rumusan kebijakan Pemungutan dan Penghitungan Suara dalam pemilu serentak 2024 di aula KPU Majene, Sabtu 24 Juni 2023.

Koordinator Divisi Teknis KPU Majene, Munawir, MT menyatakan FGD tersebut sebagai langkah KPU meminta masukan dari para pemangku kepentingan terhadap rumusan kebijakan dan regulasi terkait pemungutan dan penghitungan suara di TPS.
Acara yang dibuka Plh Ketua KPU Majene, Zulkarnain, itu juga dihadiri para anggota KPU Majene antara lain, Irjan Jaya dan Munawwarah, sementara peserta kegiatan adalah Bawaslu Kabupaten Majene, perwakilan partai politik se-kabupaten Majene, tokoh masyarakat.

Ketua Pusat Studi Pemilu dan Politik Lokal (PUSMIPOL) Unsulbar, Farhanuddin menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut.

Menurut Munawir, mencermati pelaksanaan pemilu 2019, KPU Kabupaten tengah menghimpun masukan dari masyarakat untuk disampaikan ke KPU RI terkait perbaikan kegiatan pemilu.

"Misalnya untuk mencegah petugas di TPS (KPPS) kelelahan, direncanakan saat penghitungan suara, terdapat dua panel di TPS, jadi tidak lagi penghitungan suara hingga tengah malam atau bahkan hingga dinihari," kata Munawir. 

Rencana lainnya untuk memaksimalkan kegiatan pemungutan dan penghitungan suara di TPS adalah penyiapan salinan berita acara hasil penghitungan melalui digital dan penyederhanaan formulir di TPS.

"Semua masukan dari masyarakat kita catat dan akan kita sampaikan ke KPU RI melalui KPU Provinsi," tambahnya. (Ril/Hr)


comments