-->

Hot News

Pj Gubernur Sulbar, Prof Zudan Arif Fakrulloh Kuker ke Kabupaten Majene

By On Kamis, Juni 08, 2023

Kamis, Juni 08, 2023

Kegiatan kunker Pj Gubernur Sulbar di Kabupaten Majene, Rabu 7 Juni 2023. [Rezky/masalembo.com]


MAJENE, MASALEMBO.COM - Pj Gubernur Sulbar Prof Zudan Arif Fakrulloh melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Majene, Rabu (7/6/2023).

Profesor Zudan yang seorang pakar terkemuka dalam bidang sosial itu menggelar rapat kerja yang membahas empat masalah sosial yang menjadi perhatian serius masyarakat saat ini. Masalah-masalah yang dibahas dalam rapat tersebut antara lain kemiskinan, stunting, perkawinan anak, dan anak tidak sekolah, ditambah dengan pencegahan inflasi.

Dalam rapat tersebut, Prof Zudan mengajak Pemerintah Kabupaten Majene untuk bersama-sama menangani kelima permasalahan itu. Salah satu langkah strategis yang diambil adalah melibatkan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) yang memiliki akses langsung hingga ke keluarga-keluarga di daerah.

Pemerintah Provinsi juga telah membentuk tim Satuan Tugas (Satgas) Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang bertugas mengintervensi setiap kecamatan di wilayah tersebut. "Di provinsi kita tugaskan OPD menjadi satgas menangani empat masalah, plus pengendalian inflasi. Masing-masing OPD bertanggung jawab atas satu kecamatan dan akan melakukan koordinasi baik di tingkat provinsi maupun kabupaten," ujar Zudan.

Dalam upaya penanganan stunting, akan melibatkan satu Aparatur Sipil Negara (ASN) yang akan ditugaskan untuk menangani satu anak stunting. Pendekatan serupa juga akan diterapkan dalam penanganan anak tidak sekolah dan perkawinan anak.

Tidak hanya itu, penanganan kemiskinan juga menjadi fokus utama. Para OPD diminta untuk bergerak dan terus berkoordinasi baik di tingkat provinsi maupun antara provinsi dengan kabupaten. Salah satu langkah yang dilakukan adalah menginventarisir program pasar karya di setiap OPD untuk memberikan intervensi kepada keluarga-keluarga yang masuk dalam data kemiskinan ekstrem.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Majene, Andi Achmad Syukri, juga memberikan gambaran umum tentang Kabupaten Majene kepada Prof Zudan. Beliau menyampaikan bahwa Kabupaten Majene merupakan salah satu daerah otonom yang termasuk dalam enam kabupaten dan berada di wilayah Provinsi Sulawesi Barat. Mayoritas penduduk Kabupaten Majene bekerja di sektor pertanian, perikanan, dan perkebunan.

Kolaborasi antara Prof Zudan, Pemerintah Kabupaten Majene, dan TP-PKK diharapkan dapat memberikan hasil yang signifikan dalam penanganan masalah-masalah sosial yang ada. Semua pihak berkomitmen untuk bekerja sama dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat Majene. (Adv)

comments