-->

Hot News

Ria Akui Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak Sangat Meresahkan

By On Sabtu, Juli 22, 2023

Sabtu, Juli 22, 2023


PASANGKAYU, MASALEMBO.COM - Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Pasangkayu, Provinsi Sulawesi Barat, Suri Fitriah, S.Sos., M.Si mengungkapkan keprihatinan atas tingginya kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak-anak di Kabupaten Pasangkayu.

Wanita yang akrab disapa Ria ini menekankan bahaya pernikahan anak sejak dini, yang sangat mengkhawatirkan. Menurutnya, pola pikir masyarakat perlu diubah, karena pernikahan dini dapat menimbulkan berbagai masalah baru, termasuk meningkatkan potensi terjadinya kekerasan terhadap perempuan dan angka perceraian.

"Dampaknya tidak hanya sampai di situ. Pernikahan dini juga berpotensi meningkatkan angka kemiskinan serta menjadi penyumbang tertinggi stunting di Sulawesi Barat, karena terkadang anak-anak yang belum matang secara emosional dan belum siap menjadi orang tua," ungkap Ria saat ditemui dalam wawancara di ruang kerjanya pada Selasa (18/07/2023).

Ria juga menjelaskan bahwa Dinasnya telah mengimplementasikan program di seluruh sekolah dari tingkat SMP hingga SMA melalui kegiatan forum anak dan forum genre sejak tahun 2022 lalu. Program ini melibatkan Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan dan Anak (P2TP2A), Forum Anak, dan Forum Genre. Dalam kegiatan tersebut, anak-anak diajak untuk berdiskusi dengan suasana yang menyenangkan, serta diberikan peran sebagai narasumber. (Eds)

comments