-->

Hot News

Festival Sandeq Teluk Mandar Jadi Agenda Tahunan Pemda Majene

By On Sabtu, Agustus 12, 2023

Sabtu, Agustus 12, 2023

Lomba perahu Sandeq Festival Teluk Mandar di pantai Labuang Kecamatan Banggae Timur, Sabtu 12 Agustus 2023. [Egi/masalembo.com]


MAJENE, MASALEMBO.COM -  Kabupaten Majene, Provinsi Sulawesi Barat semakin memperkuat komitmennya dalam melestarikan warisan budaya dengan menggelar Festival Sandeq Teluk Mandar sebagai event tahunan yang menarik minat wisatawan dan masyarakat setempat.

Pada Festival Sandeq Teluk Mandar di Pantai Labuang Kecamatan Banggae Timur, Sabtu 12 Agustus 2023 telah hadir berbagai pihak, termasuk tim dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang dipimpin oleh Binsar Manulung.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemda Majene, Rustam Rauf dalam sambutannya menegaskan pentingnya menjaga dan melestarikan sandeq sebagai warisan budaya leluhur suku Mandar. 

"Melalui event lomba setiap tahun ini, kami ingin menjadikan perahu sandeq sebagai nilai wisata dan budaya yang kental dalam masyarakat Mandar, terutama di Kabupaten Majene," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Binsar Manulurung dari Kemendikbudristek menyatakan apresiasi kegiatan lomba perahu sandeq di Majene. Ia menyebut perahu sandeq sebagai ikon suku Mandar yang sarat dengan filosofi dan makna kehidupan. 

"Kami percaya bahwa melestarikan perahu sandeq juga berkontribusi dalam menjaga warisan budaya Nusantara secara keseluruhan," ungkap Binsar.

Sementara, Wakil Bupati Majene, Arismunandar, berharap semangat dan kemampuan peserta lomba terus berkembang dari tahun ke tahun. Ia menjelaskan bahwa event ini juga menjadi bagian dari perayaan hari jadi Kabupaten Majene yang jatuh pada tanggal 15 Agustus serta merayakan proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia yang sama-sama diperingati pada bulan Agustus.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Barat, Mithhar, juga turut hadir dalam acara tersebut. Ia menyampaikan komitmen Pemprov dalam mendukung upaya pelestarian budaya Bahari Mandar melalui kegiatan 

"Student on Sandeq". Kegiatan ini melibatkan sekolah SMA dan SMK di Sulawesi Barat, dengan tujuan menjaga dan melestarikan warisan budaya suku Mandar, khususnya perahu sandeq.

Dengan semangat yang tinggi, Pemprov Sulbar berencana terus menggelar lomba perahu sandeq ini setiap tahunnya, dengan dukungan dari Pemerintah Daerah Majene dan berbagai sponsor yang turut terlibat dalam setiap pelaksanaan event. 

"Semoga kegiatan ini tidak hanya memperkaya budaya lokal, tetapi juga menginspirasi generasi muda untuk turut berperan aktif dalam melestarikan warisan budaya Indonesia," ujarnya. (Har/Red)

comments