-->

Hot News

SOS Bakal Berlanjut Tahun Depan, Sekprov Sulbar: Kita Merawat Identitas Bahari Mandar

By On Kamis, Agustus 10, 2023

Kamis, Agustus 10, 2023

Sekprov Sulbar Muhammad Idris DP (topi merah) menyerahkan hadiah pemenang lomba berlayar sandeq antar peserta SOS di pantai Labuang Majene, Kamis 10 Agustus 2023. [Foto: Shaleh Muhammad C.I.J]


MAJENE, MASALEMBO.COM - Kegiatan Student On Sandeq (SOS) yang berlangsung selama empat hari di Kabupaten Majene dan Polewali Mandar telah resmi ditutup oleh Sekretaris Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), Muhammad Idris DP. Sebelum penutupan, lebih dulu digelar lomba berlayar sandeq antar peserta SOS di Pantai Labuang, Kecamatan Banggae Timur, Majene.

Kegiatan yang melibatkan pelajar SMA dari enam sekolah tersebut berhasil memberikan pendidikan berharga mengenai sandeq, baik dalam teori maupun praktek berlayar.

Dalam penutupan kegiatan ini, Sekprov Muhammad Idris DP menyampaikan tujuan dari SOS yang tidak hanya sekadar pendidikan, tetapi juga sebagai upaya menjaga dan merawat tradisi serta kebudayaan bahari Mandar. "Poin utamanya adalah penyelematan identitas kita ini," ujar Idris saat penutupan SOS di Dermaga Pantai Labuang Majene, Kamis (10/08/2023).

Kegiatan ini mendapat dukungan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Pejabat Fungsional Pamong Budaya Ahli Madya Direktorat Jenderal Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan Kemendikbudristek, Binzar Manulang, hadir dalam acara ini bersama rombongan dari Jakarta.

Sekprov Idris DP dalam sambutannya, mengaku berkomitmen untuk terus menggelar event Student On Sandeq di masa mendatang. Harapan agar kegiatan ini semakin meriah dan melibatkan lebih banyak sekolah SMA/SMK di seluruh Provinsi Sulbar.

"Ini tidak boleh berhenti, tadi ini saya sudah lirikan mata dengan Pak Kadis Pendidikan, kalau 2023 kita selenggarakan tidak mungkin di 2024 tidak dilanjutkan," ujar Idris.

Idris juga berharap, kegiatan SOS tetap mendapat dukungan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Karenanya kehadiran tim Kemendikbudristek di Majene diharap menjadi kunci terselenggaranya Student on Sandeq di tahun-tahun yang akan datang dengan lebih meriah lagi. (Adv)

comments