-->

Hot News

GMNI Majene Sampaikan 7 Pernyataan Sikap Terkait Pemilu

By On Kamis, Januari 18, 2024

Kamis, Januari 18, 2024

Bendera GMNI [ist]


MAJENE, MASALEMBO.COM - Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Cabang Majene menggelar deklarasi untuk menjaga dan mengawal pesta demokrasi Pemilu 2024. Acara deklarasi ini digelar di Sekretariat GMNI Majene Gubuk Marhaenis, Kecamatan Banggae Timur, Selasa (17/01/2024).

Pengurus GMNI Cabang Majene, Misbah, mengatakan, kegiatan ini lahir dari perhatian dan bentuk kepedulian kader-kader GMNI di Kabupaten Majene terhadap kondisi pesta demokrasi yang tengah berlangsung.

Ia mengatakan, saat ini tahapan Pemilu sedang berlangsung namun masih saja dihiasi dengan narasi kebencian antar sesama warga bangsa.

"Atmosfer masyarakat terhadap pesta demokrasi saat ini telah dipenuhi oleh narasi caci maki, kebencian dan upaya politik pecah belah yang akan berdampak pada hubungan sosial di masyarakat yang dapat mengancam kebhinekaan bangsa," terang pemuda yang akrab disapa Bung Misbah ini.

Sehingga, kata dia, esensi Pemilu sebagai sarana masyarakat untuk memilih wakil-wakil rakyat dan memilih Presden dan Wakil Presiden 2024 jangan sampai ternodai. "Jadi harapan saya, mari kita kawal bersama-sama agenda Pemilu serantak tahun 2024 ini," ujarnya.

Dekralasi kader GMNI Majene dengan menyampaikan tujuh poin pernyataan sikap. [Ist/masalembo.com]


Adapun tujuh poin pernyataan sikap GMNI Cabang Majene, yakni:

1. Mendukung dan membantu jajaran TNI/Polri dalam menjaga keamanan serta mensukseskan seluruh tahapan Pemilu 2024 dengan aman dan damai.

2. Menjaga persatuan dan kesatuan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

3. Menolak segala bentuk upaya provokasi dan ujaran kebencian yang dapat memecah belah persaudaraan serta tindakan yang menciderai pesta demokrasi.

4. Bersama-sama menangkal berita hoaks dan ujaran kebencian yang dapat mengganggu jalannya Pemilu 2024.

5. Mendukung KPU menyelenggarakan Pemilu yang luber dan jurdil.

6. Mendukung Bawaslu melaksanakan pengawasan tindak pidana Pemilu.

7. Menjunjung tinggi netralitas penyelenggara Pemilu, ASN, TNI dan Polri.

Misbah menjelaskan, tujuh poin pernyataan sikap GMNI Majene ini mencerminkan semangat sikap seluruh kader GMNI di seluruh Indonesia dalam menjaga integritas Pemilu 2024, dan menghindari segala bentuk provokasi yang dapat merugikan bangsa.

Melalui langkah-langkah positif seperti deklarasi ini, GMNI Majene berharap dapat memberikan contoh inspiratif bagi masyarakat dan pihak-pihak terkait untuk memastikan Pemilu berjalan dengan damai dan adil. (Ril/Har)

comments