-->

Hot News

Webinar Kominfo di Pasangkayu, Bagi Tips Promosi Budaya Lewat Konten Digital

By On Rabu, Mei 01, 2024

Rabu, Mei 01, 2024


PASANGKAYU, MASALEMBO.COM - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Barat akan menggelar webinar literasi digital di Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat, Kamis (2/5) pagi, pukul 10.00 WITA. 

Mengusung tema ”Promosi Budaya Indonesia Lewat Konten Digital”, webinar yang membidik segmen pendidikan sekolah menengah tersebut akan diikuti oleh pelajar dan tenaga pendidikan dengan menggelar nonton bareng (nobar) di sekolah masing-masing.

Diskusi virtual untuk meningkatkan kompetensi literasi digital itu rencananya akan menghadirkan tiga narasumber. Mereka adalah dosen Universitas Paramadina Jakarta Septa Dinata, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pasangkayu Abidin, key opinion leader Mom Influencer Novindah Sochmariyanti, dan Fernand Tambubolon selaku moderator.

”Webinar juga dapat diikuti secara gratis dengan cara mendaftar di link https://s.id/pendaftaranpasangkayu0205. Peserta akan mendapatkan e-sertifikat dari Kemenkominfo, dan tersedia voucher e-wallet senilai total Rp 1 juta untuk 10 peserta yang terpilih dengan pertanyaan interaktif paling menarik,” tulis 

Kemenkominfo dalam rilis kepada awak media, Rabu (1/5). 

Terkait topik webinar, Kemenkominfo menjelaskan, era digital ditandai dengan maraknya penggunaan media sosial. Untuk mengoptimalkan pemanfaatan media sosial, pengguna digital perlu belajar berkreasi menciptakan konten digital.

”Selain menjadi sarana interaksi dan komunikasi, media sosial juga banyak dimanfaatkan untuk berpromosi. Melalui media sosial, unggahan konten budaya dengan cepat tersebar ke seluruh penjuru dunia,” jelas Kemenkominfo dalam rilis.

Untuk dapat membuat konten digital yang menarik, lanjut Kemenkominfo, beberapa tips maupun keterampilan wajib dimiliki pembuat konten. Di antaranya, fleksibilitas 

dan kemampuan riset. ”Selain itu, salah satu keterampilan wajib yang harus dimiliki adalah kreativitas dan paham tren terkini,” tegasnya.

Kemenkominfo menambahkan, dunia digital atau media sosial kini telah menjadi dunia manusia sehari-hari. Media sosial terbukti mampu membantu menghubungkan manusia, bahkan memberikan keuntungan finansial serta membuka lapangan kerja baru sebagai konten kreator.

Untuk diketahui, gelaran webinar seperti di Pasangkayu ini merupakan bagian dari Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD), yang dihelat Kemenkominfo sejak 2017. GNLD digelar sebagai salah satu upaya untuk mempercepat transformasi digital di sektor pendidikan hingga kelompok masyarakat menuju Indonesia yang 

#MakinCakapDigital.

Tahun ini, program #literasidigitalkominfo ini mulai bergulir pada Februari 2024. Berkolaborasi dengan Siber Kreasi dan 142 mitra jejaring seperti akademisi, perusahaan teknologi, serta organisasi masyarakat sipil, program ini bertujuan meningkatkan kemampuan masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan teknologi digital secara positif, kreatif, produktif, dan aman.
 
Kecakapan digital menjadi penting, karena – menurut hasil survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) – pengguna internet di Indonesia pada 2024 telah mencapai 221,5 juta jiwa dari total populasi 278,7 juta jiwa penduduk Indonesia.

Informasi lebih lanjut mengenai literasi 

digital dan info kegiatan yang terkait dapat diakses melalui website info.literasidigital.id, media sosial Instagram @literasidigitalkominfo, Facebook Page, dan Kanal YouTube Literasi Digital Kominfo. (*)

comments