"Ini untuk Mengenang Pahlawan Kita yang Mengorbankan Jiwa dan Raganya"

On Jumat, Agustus 17, 2018

MASALEMBO.COM

Warga pulau Botto gelar upacara di atas bukit (Asrianto/masalembo.com)

POLEWALI, MASALEMBO.COM - Meski berada di pulau terpencil, namun semangat warga Dusun Lendang, pulau Battoa, Desa Tonyaman, Kecamatan Binuang, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, unuk memperingati HUT RI ke-73 tidak pernah surut.

Mereka menggelar upacara bendera di atas bukit buttu Pallayangan, Jumat (17/8) pagi sekitar pukul 08:00 Wita. Upacara berlangsung dalam suasana yang sangat khidmat, diawali  dengan pengibaran bendera merah putih berukuran 5x2 meter yang diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Ketua kerukunan pemuda pelajar pulau battoa (KPPPB) Sarman mengatakan, upacara ini merupakan kegiatan rutin yang digelar setiap tanggal 17 Agustus, sebagai bentuk penghargaan untuk mengenang dan menghargai jasa pahlawan  yang telah berjuang melawan penjajah dalam meraih kemerdekaan 73 tahun silam.

"Ini untuk mengenang pahlawan kita yang telah mengorbankan jiwa dan raganya dalam meraih kemerdejaan," ujarnya.

Ia berharap, apa yang telah dicapai dan diraih oleh para pendahulu dan pendiri bangsa ini dapat diteruskan oleh generasi penerus bangsa saat ini. Selain menggelar upacara bendera, bebrabgai kegiatan lain juga digelar oleh warga pulau Battoa, diantaranya volly, takraw, perahu dayung. (ant/har)

comments