Lantik Anggota Dewan PAW, Arsal Aras: Sisahkan Kelembutan Tempat Kita Beteduh

On Kamis, November 01, 2018

MASALEMBO.COM

H. Arsal Aras melantik dan mengambil sumpah anggota dewan PAW, Elvis (Jamal Tanniewa/masalembo.com)

MATENG, MASALEMBO.COM -  Setelah Andi Rudi mundur sebagai kader Partai Gerindra beberapa waktu lalu, Elvis resmi menjabat legislator Mateng. Pergantian anggota DPRD ini merujuk Surat Keputusan Gubernur Nomor: 188.4/598/Sulbar/X/2018, tentang pengangkatan Pengganti Antar Waktu (PAW) anggota DPRD Mamuju Tengah.

Usai melantik dan mengambil sumpah di ruang paripurna dewan, Rabu (31/10) Ketua DPRD H Arsal Aras berharap, sebagai legislator Elvis turut andil menjaga dan menata lembaga sebaik mungkin dengan melibatkan diri dalam hal pembenahan. Penataan lembaga kata Arsal, dimulai dengan menciptakan kondisi internal dan relasi terhadap lembaga eksternal agar tetap kondusif.

“Harapan ini kita dorong agar akselerasi penataan organisasi legislasi tetap berjalan imbang sebagai bagian sistem tata penyelenggaraan pemerintahan di daerah,” ucap Arsal pada sambutannya.  

Menurut Arsal, kehadiran Elvis di dewan dan juga sedang bergulirnya masa transisi politik dan keberagaman adalah keniscayaan yang ada di DPRD Mateng. Meski latar belakang dan cara berpikir, bahkan tidakan yang berbeda namun kebersamaan dalam suatu lembaga harus terjaga.  

“Boleh jadi kita berbeda, berbeda pandangan, sebab kita berasal dari latar belakang yang berbeda, baik cara berpikir maupun cara bertindak, tetapi semua itu jangan menjadikan lembaga ini menukik dan terpuruk hanya karena tiada lagi kepingan lembutnya hati yang kita siapkan untuk saling menjaga kebersamaan,” pesan Ketua DPRD Mateng.

Arsal mengatakan, dinamika dewan akan menunjukan banyak ekspresi, bakal ada dinamika yang dapat menimbulkan emosi, benci dan amarah. "Maka sisakan kelembutan, sebagai tempat kita berteduh pada derasnya kepentingan lintas sektoral, sebab kepentingan rakyat Mateng secara umum menjadi utama di atas kepentingan yang mengatas namakan golongan atau kelompok," ucap kader Partai Demokrat ini.

Arsal menegaskan, perbedaan kemampuan dan jabatan adalah anugrah baginya, sehingga profesionalitas dan proporsionalitas dalam mengemban amanah yang penuh rasa tanggungjawab untuk kebaikan dan kesejahteraan masyarakat Mateng secara umum.

Ucapan yang sama juga disampaikan Wakil Bupati H Amin Jasa. Selain itu, Wabup juga berterima kasih kepada Andi Rudi atas pengabdian dan kerjasama dalam membangun kemitraan selama menjabat anggota DPRD. 

Kata Wabup, terwujudnya kedewasaan berdemokrasi yang senantiasa megedepankan nilai etika dan kebersamaan, tanpa melihat latar belakang keberagaman namun menyatu dalam bingkai persatuan dan kesatuan bangsa, dengan visi yang sama yakni membangun daerah tercinta "Lalla Tassisara" adalah kondisi ideal yang merupakan tujuan bersama.

Menurutnya, PAW anggota DPRD merupakan hal yang biasa dan lazim terjadi di lembaga wakil rakyat. "Apakah karena anggota Dewan mengundurkan diri, berhalangan tetap atau karena alasan lain sebagaimana diatur dalam Undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah itu hal yang sudah lazim," ucap Amin Jasa. 

Atas nama pemerintah Mateng, Amin Jasa mengucapkan selamat kepada Elvis, yang baru saja menjadi anggota DPRD. Wabup Amin menilai dengan pengalaman dan pengetahuan yang dimilikinya Elvis diyakini dapat menjalankan tugas dan peran sebagai aspirator dan wakil rakyat dan dapat menempatkan diri selaku mitra pemerintah daerah menjalankan fungsi lembaga, membangun harmonisasi dan sinergitas untuk mengoptimalkan kinerja pemerintah dalam rangka mengantar daerah kearah yang lebih baik. "Sesuai komitmen dan kesepakatan bersama yang tertuang dalam RPJMD tahun 2016-2021, yakni mewujudkan Mamuju Tengah yang maju, sejahtera dan mandiri," ucap Amin Jasa pada sambutannya.

Selain Ketua DPRD H Arsal Aras, Wakil Bupati H Amin Jasa, pelantikan dan pengambilan sumpah PAW di ruang paripurna, juga dihadiri anggota DPRD, Pimpinan OPD, Pabung TNI Mateng dan sejumlah tamu undangan. (jml/har)

comments