Muhammad Idris: Pintu Perbaikan Sulbar Bergantung SDM

On Kamis, Desember 27, 2018

MASALEMBO.COM

Sekprov Sulbar, Muhammad Idris DP (Kominfo Sulbar)

MAMUJU, MASALEMBO.COM - Resolusi perbaikan yang dicanangkan Sekretaris Provinsi Sulbar, Muhammad Idris terus digenjot di semua sektor, terutama sumber daya manusia. Menurut Idris, pintu masuk perbaikan di Sulbar adalah sumber daya manusia. Hal itu dia katakan pada rapat kordinasi bersama Badan Pembangunan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sulbar, Kamis (27/12).

"Saya meminta percepatan pengelolaan program pengembangan SDM, awal tahun CPNS kita sudah ada NIP, dan batasannya setahun setelah itu sudah harus diklat, kalau tidak ya dikembalikan jadi CPNS, jadi tanggung jawab kita sangat besar," kata Idris, Kamis.

"Untuk apa saya ke Sulbar kalau prajabatan kita tidak bisa diselanggarakan disini, saya sudah sampaikan kepada Gubernur semua diklat atau prajabatan provinsi dan kabupaten adalah tanggung jawab BPSDM provinsi," lanjutnya.

Mantan Deputi Diklat LAN RI ini mengatakan, dengan rencana pelaksanaan diklatsar dan prajabatan yang mandiri tanpa bergabung ke provinsi lain atau ke Kemendagri, dirinya menghimbau kerja konkret dari BPSDM. Ia mengatakan, Sulbar harus menyelesaikan persoalan tempat yang dipastikan sudah harus layak pakai, juga membangun kerjasama dengan lembaga diklat yang dapat mendukung akreditasi atau sertifikasi, serta memperhatikan ketersediaan sumber daya pelatih dari widyaswara.

"Kita putuskan penyelenggaraan diklat pelatihan dasar bagi CPNS nanti harus kita selenggarakan di sini (Sulbar, red). Kita akan menggandeng LAN atau BPSDM Sulsel ataupun Kemendagri karena penjamin mutu itu harus terakreditasi. Ini opportunity kita, kuncinya jangan bekerja sendiri, harus kerja sama," pungkasnya.

Sekprov meminta, stakeholder segera berbenah mengerahkan seluruh kemampuan. "Misi kita ini adalah menyelenggarakan diklatsar di daerah kita. Bayangkan putaran ekonomi daerah kita nantinya," ucap mantan Kepala LAN Makassar ini.

Ia meminta, BPSDM menyambut tahun 2019 dengan mandiri, berkolaborasi dan merawat organisasi, dimulai dengan perubahan mindset. "Tidak ada perubahan tanpa ada perubahan mindset," kuncinya.

Rapat kordinasi dengan BPSDM ini juga dihadiri Asisten Bidang Administrasi Umum Djamilah dan Kepala Badan Kepegawaian Daerah, Amujib. (dilla/har)

comments