-->

Hot News

VIDEO: Mahasiswa Ulumanda Nyaris Bentrok dengan Polisi

By On Selasa, Juni 19, 2018

Selasa, Juni 19, 2018

Massa aksi menutup separuh badan jalan Trans Sulawesi Desa Salutambung (Foto: Egi/masalembo.com)


MAJENE, MASALEMBO.COM - Aksi saling dorong antara mahasiswa dan aparat kepolisian terjadi, Rabu (19/6) pagi. Bahkan, aksi demo menuntut perbaikan jalan Poros Salutambung-Mambi ini diwarnai insiden nyaris bentrok antara personil Polres Majene dan massa aksi.

Aksi saling dorong awalnya dipicu larangan pihak kepolisian membakar ban. Sejumlah polisi yang memaksa masuk kerumunan massa aksi mendapan reaksi mahasiswa yang menutup separuh badan jalan. Saling dorong pun terjadi. Beruntung, kedua pihak dapat meredam diri sehingga bentrok tidak terjadi.

Kordinator aksi Muhammad Gaus yang ditemui di lokasi mengatakan, pihaknya menyayangkan aksi saling dorong tersebut. Ia menyebut, pihak kepolisian terlalu reaktif terhadap dinamika aksi mahasiswa. 

"Saya kira normatif saja, jalan aksi sudah bagus tapi kepolisian terlalu reaktif," kata Gaus.

Selain itu, mahasiswa asal Tandeallo ini mengancam, akan melanjutkan aksi unjuk rasa lebih besar bila tuntutan mereka tidak dipenuhi. 

"Ini gerakan rakyat, kalau tidak ada realisasi janji gubernur, massa aksi akan jauh lebih besar nanti," tegas mahasiswa Unhas Makassar ini.

Aksi massa yang digelar di Jl. Trans Sulawesi Desa Salutambung, Kecamatan Ulumanda ini, diikuti ratusan mahasiswa dan warga Kecamatan Ulumanda. Dalam orasinya, pengunjuk rasa mengatakan, mendesak Gubernur Ali Baal Masdar merealisasikan keberlanjutan pembangunan jalan Ulumanda dengan serius. "Kami minta jalan ini jadi prioritas, kami sudah bosan dijanji," ucap salah satu orator.

Kapolres Majene AKBP Asri Effendy yang hadir di lokasi mengatakan, pihaknya bersedia memberikan pengamanan jalannya aksi unjuk rasa. Kendati demikian, Kapolres meminta agar demonstrasi berjalan tertib dan sesuai ketentuan perundang-undangan. 

"Kami harap minimal tiga harilah, sebelumnya, sudah menyurat agar kami bisa persiapkan pengamanan," kata Asri Effendy. 

Aksi unjuk rasa ini beakhir tertib setelah pemerintah Kecamatan Ulumanda hadir dan berjanji akan melanjutkan tuntutan mahasiswa Ulumanda ke Gubernur Sulbar. (har/red)

Tonton video saling dorong Polisi dan mahasiswa Ulumanda



comments