-->
https://rajaview.id/l1zfvR2Icz3Zr9hvg4vbpSO76Foy6i8uVNn6HXHq

Hot News

Tangki Mobil Dimodifikasi Sedot BBM, 4 Warga Polman Diamankan Polisi

On Sunday, December 09, 2018

MASALEMBO.COM

Tangki mobil dimodifikasi (Handover/Polsek Binuang)

POLEWALI, MASALEMBO.COM - Aparat Kepolisian Sektor Binuang, mengamankan empat orang warga sedang mengantri bahan bahar minyak (BBM) di salah satu SPBU di jalan Teuku Imar, Daramou, Kecamatan Binuang, Kabupaten Polewali Mandar, Sabtu (8/12/18) kemarin.

Mereka diduga adalah pengecer BBM yang hendak melakukan kecurangan untuk meraup keuntungan besar di tengah kelangkaan BBM sepekan terakhir ini.

Modus yang mereka lakukan, adalah ikut mengantre BBM di SPBU menggunakan mobil yang tangkinya telah dimodifikasi agar mendapatkan BBM dalam jumlah banyak. Para pengecer ini diketahui petugas telah berulang kali bolak balik masuk ke areal SPBU untuk mengantri.

BBM yang telah mereka dapatkan, kemudian dikuras ke dalam jerigen yang telah disiapkan pada tempat yang tidak jauh dari lokasi SPBU. Setelah itu mereka dapat kembali dengan cepat untuk mengikuti antrian.

“Saat kami lakukan pemantauan dan pengamanan di SPBU, kami perhatikan ada beberapa mobil yang melakukan pengisian terlalu lama, setelah dilakukan pengecekan mobil tersebut menggunakan tengki bukan standar yang sudah dirubah tidak sesuai dengan aslinya, makanya langsung kami amankan saat melakukan pengisian BBM di SPBU Sarampu," tulis Kapolsek Binuang, Iptu Mahyuddin, dalam keterengan melalui pesan pendek, Minggu (09/12).

Keempat pengecer nakal ini, masing-masing berinisial LH (35 tahun) Warga Ammassangan, Kecamatan Binuang, SL (40 tahun), Warga Desa Batetanga, Kecamatan Binuang, NS (41 Tahun), Warga Kelurahan Madatte, Kecamatan Polewali dan Us (45 tahun), Warga Pasar Baru, Polewali.

Selain empat tersangka, polisi juga menyita barang bukti empat unit mobil yang dipakai mengantre dan diketahui menggunakan tangka modifikasi. Masing-masing satu Mikrolet Carry dengan nomor polisi DC 1715 AC yang membawa 4 jerigen berisi premium, Minibus Carry dengan nomor polisi DD 1270 IU yang membawa 20 jerigen BBM dan masih kosong, Pick UP Carry dengan nomor polisi DD 8637 BM yang membawa beberapa jerigen berisi BBM dan Mobil Carry dengan nomor polisi DD 1506 MB.

“Rencananya BBM yang telah didapatkan akan diantar pada beberapa pengecer lain yang ada di Jl. Trans Sulawesi, pertamini ataupun pengecer botolan," kata Kanit Intelkam Polsek Binuang, Brikpa Abdul Rasyid.

Untuk kepentingan lebih lanjut, para pelaku dan barang bukti yang berhasil diamankan langsung diserahkan ke Unit Tipiter Reskrim Polres Polman.

Seperti diketahui, sejak sepekan ini kelangkaan BBM terjadi pada semua SPBU di Kabupaten Polman. Kelangkaan ini mengakibatkan terjadinya antrean panjang kendaraan sepanjang ratusan meter. Kelangkaan ini memicu terjadinya lonjakan harga BBM jenis premium di tingkat pengecer, mencapai Rp20 ribu perbotol. (ant/har)

comments