Karhutla di Mamasa Nyaris Merembet ke Lokasi Pekuburan

On Selasa, Oktober 22, 2019

MASALEMBO.COM

Kebakaran hutan pinus di Tawalian Kabupaten Mamasa. (Frendy Cristian/masalembo.com)


MAMASA, MASALEMBO.COM - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) kembali terjadi di Mamasa, Sulawesi Barat, Selasa (22/10/2019). Puluhan hektar area hutan pinus di Kelurahan Tawalian, Kecamatan Tawalian ludes terbakar.

Kebakaran sempat membuat panik warga sekitar karena api membesar ditambah tiupan angin kencang. Si jago merah pun dengan cepat membakar semak belukar kering hingga nyala api sempat merembet dan mendakti lokasi pekuburan masyarakat di wilayah itu.

Puluhan warga serta aparat kepolisian yang berada di lokasi, terus berjibaku memadamkan api dengan alat seadanya. Mereka menghalau api agar tak membakar pekuburan. 

Sementara, dua unit mobil pemadam kebakaran yang dikerahkan ke lokasi kesulitan menjangkau titik-titik api karena kondisi medan yang terjal dan jalan sempit tak bisa dilalui kendaraan.

Camat Tawalian, Zeth, mengatakan, dirinya berada di lokasi saat kejadian. Ia turut memadamkan api yang mendekati lokasi kuburan.

“Kami dan puluhan warga hanya bisa melakukan pemadaman seadanya saja,” ucapnya.

Diperkirakan puluhan hektar area hutan pinus di wilayah itu ludes terbakar. Belum diketahui penyebab kebaran namun dugaan sementara akibat warga yang hendak mebuka lahan perkebunan baru.

Kebakaran terjadi sekitar pukul 10:00 dan api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 13:30 Wita. (fre/har)

comments