Lagi, Puluhan Hektar Hutan dan Lahan di Mamasa Terbakar

On Selasa, Oktober 22, 2019

MASALEMBO.COM

Penampakan kebakaran hutan pinus di Desa Tondok Bakaru Mamasa (Frendy Cristian/masalembo.com)


MAMASA, MASALEMBO.COM - Puluhan hektar hutan dan lahan di Desa Tondok Bakaru, Kecamatan Mamasa, Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat kembali dilanda kebakaran, Senin (21/10/2019) sore hingga dini hari.

Diperkirakan 10 hektar area hutan dan lahan pinus di desa itu ludes terbakar. 

Personil Polres Mamasa bersama warga sekitar yang turun ke lokasi sempat kesulitan melakukan pemadaman akibat api yang terus menyebar dan membesar karena tiupan angin kencang. Sementara pemadam tak bisa menjangkau lokasi yang berada di pucak gunung.

Iptu Dedi Yulianto, Kasat Reskrim Polres Mamasa yang ditemui di lokasi kebakaran mengatakan, pihaknya bersama puluhan warga sekitar sempat kesulitan melakukan pemadaman karena api terus mebesar tak bisa didekati.

“Personil dibantu warga sudah sejak sore berada di lokasi, namun kami sempat kesulitan karena api terus membesar,” katanya.

Meski demikian pihaknya terus berupaya berupaya melakukan pemadaman. 


Dari pantauan Masalembo.com  puluhan warga dan personil kepolisian terus berada di TKP melakukan pemadaman hingga subuh tadi dengan menggunakan alat seadanya. Api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 03 :00 Wita subuh tadi.

Belum diketahui penyebab kebakaran puluhan hektar lahan ini, namun dugaan sementara akibat dari warga yang hendak membuka lahan perkebunan. 

Kepolisian setempat masih terus meyelidiki penyebab pasti kebakaran dengan meminta keterangan sejumlah warga yang berada di lokasi saat terjadinya kebakaran. (fre/har)

comments