Pemkab Pasangkayu Harap Timpora Tingkatkan Sinergitas dengan Stakeholder

On Jumat, Oktober 11, 2019

MASALEMBO.COM

Sekkab Pasangkayu Firman dan Kepala Divisi Kanwil Kemenkumham Sulbar Wishnu Daru Fajar saat peresmian Tim Pora Kecamatan Se-Pasangkayu (Edison S/masalembo.com)


PASANGKAYU, MASALEMBO.COM - Pemerintah Kabupaten Pasangkayu meresmikan Tim Pengawasan Orang Asing (Tim Pora) tingkat Kecamatan se-Kabupaten Pasangkayu, yang dibentuk oleh Kantor Imigrasi Kelasa II Mamuju, Kamis 10 Oktober.

Mewakili Bupati Agus Ambo Djowa, Sekkab Firman mengaku mengapresiasi pembentukan Tim Pora tingkat Kecamatan ini. Dengan demikian pengawasan terhadap keluar masuknya orang asing di Pasangkayu bisa dilakukan dengan baik.

Memaksimalkan kerja-kerja sambung dia, Tim Pora diharapkan meningkatkan sinergitas dengan berbagai instansi pemerintah (stakeholder). Sehingga masing-masing instansi tersebut aktif ambil bagian dalam pengawasan orang asing.

“Tim Pora diharapkan tidak hanya sebatas sarana kegiatan formil seperti rapat-rapat, tapi bisa sebagai sarana bagi seluruh pihak yang terlibat untuk duduk bersama memecahkan semua masalah terkait keberadaan orang asing yang ada di Pasangkayu,” imbuhnya.

Menurutnya, saat ini terjadi peningkatan jumlah kunjungan warga negara asing di Indonesia. Salah satunya berasal dari sektor pariwisata. Namun pada prakteknya banyak warga negara asing menyalahgunakan kebebasan visa kunjungan tersebut. Melihat kemungkinan munculnya potensi ancaman terhadap kedaulatan negara dari penerapan Bebas Visa Kunjungan dan dalam rangka memaksimalkan fungsi pengawasan

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Mamuju Mulyadi menyampaikan, saat ini terjadi peningkatan jumlah kunjungan warga negara asing di Indonesia. Salah satunya berasal dari sektor pariwisata. Namun pada prakteknya banyak warga negara asing menyalahgunakan kebebasan visa kunjungan tersebut. 

Sehingga, melihat kemungkinan munculnya potensi ancaman terhadap kedaulatan negara dari penerapan bebas visa kunjungan dan dalam rangka memaksimalkan fungsi pengawasan keimigrasian tersebut, maka dibentuklah Timpora hingga ke tingkat Kecamatan.

Disebutkan, keangotaan Tim Pora melibatkan instansi pemerintah terkait, yaitu Kementerian Hukum dan HAM R.I, POLRI, TNI, , BIN, BAIS, Dinas Tenaga Kerja, Pemerintah Daerah serta seluruh jajaran pemerintah hingga tingkat kecamatan.

“Dengan dibentuknya Timpora hingga tingkat kecamatan ini kami berharap
agar meningkatkan sinergitas diantara berbagai instansi pemerintah yang terkait dengan permasalahan orang asing dalam hal pengawasan orang asing tersebut,” harapnya.

Turut hadir dalam peresmian Timpora ini yakni Kepala Divisi Kanwil Kemenkumham Sulbar Wishnu Daru Fajar. (edi/har)

comments