Resmi Dilantik, Berikut Nama-nama Pejabat Kejati Sulbar

On Sabtu, Oktober 12, 2019

MASALEMBO.COM

Pelantikan pejabat Kejati Sulbar (ist/masalembo.com)


MAMUJU, MASALEMBO.COM - Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulbar Darmawel Azwar, SH., MH resmi dilantik oleh Jaksa Agung HM Prasetyo, Jum’at (11/10/2019). Pelantikan berlangsung di aula Prof Dr Baharuddin Lopa Kejaksaan Agung RI di Jakarta.

Penetapan Darmawel sebagai Kajati Sulbar tertuang dalam Keputusan Jaksa Agung RI Nomor Kep-279/A/JA/09/2019 tertanggal 26 September 2019 bersamaan dengan promosi dan mutasi 34 pejabat eselon II di lingkungan Kejaksaan.

“Betul yang bersangkutan dipromosi sebagai Kajati Sulbar. Ini berdasarkan Keputusan Jaksa Agung,” kata Kasi Penerangan Hukum Kejati Sulselbar, Salahuddin, SH mengutip pernyataan Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapus Penkum) Kejaksaan Agung, Mukri, Sabtu (12/10/2019).

Sementara, Wakil Jaksa Agung, Arminsyah mengatakan, pembentukan Kejati baru atau Kejari baru di setiap ibukota provinsi atau kabupaten/kota memang bisa dilakukan dengan merujuk Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2004 tentang Kejaksaan. "Jadi pembentukan Kejaksaan Tinggi Sulawesi Barat sudah ada keputusannya dari Presiden Joko Widodo yakni Keputusan Presiden Nomor 1 Tahun 2019 tanggal 25 Januari 2019," terangnya.

Berdasarkan Keppres tentang pembentukan Kejati Sulawesi Barat, kedudukan Kejati berada di Mamuju sebagai Ibukota dari Provinsi Sulbar.

“Kalau untuk Kejati Sulbar kan sudah lama dibentuk dan sudah ada Keppresnya, tinggal dilantik Kajatinya,” katanya.

Dia menambahkan, hingga kini untuk Kejati baru lainnya tinggal dua lagi yang belum dibentuk yaitu Kejati Kalimantan Utara dan Kejati Papua Barat. "Tapi sudah diajukan. Jadi tidak masalah dan itu pengembangan wilayah,” kuncinya.

Berikut nama pejabat di Kejati Sulawesi Barat.

1. Kepala Kejaksaan Tinggi Sulbar: Darmawel Aswar
2. Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Sulbar: Yulianto
3. Asisten Datun: Nelson Butar
4. Asintel: Irvan Paham PD Samosir
5. Aspidum: Aswad Zamroddin Hakim
6. Asbin: Edi Dikdaya
7. Asisten Pidana Khusus: Feri Mupahir

Informasi yang dihimpun, Pemprov Sulbar telah menyiapkan dua arternatif gedung yang akan dijadikan kantor bagi Kejati Sulbar nantinya. Yakni pertama bekas RSUD Regional Provinsi Sulbar dan rusun yang terletak di jalan Martadinata Kelurahan Simboro, Mamuju.

Kedua tempat itu juga sebelumnya telah dikunjungi oleh Kejati Sulselbar beberapa bulan yang lalu. (awl/har)

comments