Ribuan Santri Meriahkan HSN di Mateng

On Kamis, Oktober 24, 2019

MASALEMBO.COM

Arak-arakan ribuan santri menuju Terminal Benteng Kayu Mangiwang Tobadak, Mateng, Rabu (23/10/2019)  

MATENG, MASALEMBO.COM-- Sedikitnya 4.000 santri dari berbagai Pondok Pesantren (Ponpes) di Mamuju Tengah (Mateng) turun jalan meriahkan Hari Santri Nasional (HSN), Rabu (23/10). 

Defile HSN start dari halaman Masjid Raya Nurul Hidayah Topoyo menuju Terminal Benteng Kayu Mangiwang Kecamatan Tobadak. Pasukan drum band yang memimpin barisan menambah semaraknya peringatan hari santri di Bumi Lalla Tassisara.    

Ketua Panitia Hari Santri Hamsa mengatakan, di kabupaten termuda Sulbar ini memiliki 43 Ponpes. "Seluruhnya ikut serta meramaikan HSN," ucap Hamsa yang juga Ketua Baznas Mateng.

Menurutnya, hari santri kali ini sangat meriah dibanding sebelumnya. Itu karena adanya kerjasama dan dukungan pemerintah setempat. Bahkan mengalokasikan dana hari santri yang telah menjadi kalender tahunan.  

Ketua Panitia sekaligus Ketua Baznas Mateng, Hamsa menyampaikan sambutan, Rabu (23/10/2019)

Hamsa mengatakan, 43 Ponpes tersebut memiliki 7.600 santri. Jumlah tersebut dipresiksi akan semakin meningkat. 
  
"Kita berharap, kedepannya peringatan Hari Santri Nasional di Mateng lebih meriah lagi," ungkapnya.

Peringatan HSN di Mateng dihadiri Kepala Subdirektorat Pendidikan Diniah Ponpes Dirjen Pendidikan Isalam Kementerian agama RI Dr Basnan Said MAg. Dikesempatan ini Dr Basnan mengantarkan Tausyiah Hari Santri bertema Membawakan Perdamian Dunia.

Hadir pula Sekkab Mateng H Askary Anwar, Kepala Kemenag Mateng H Mahmuddin, serta sejumlah legislator dan pimpinan OPD Lingkup Pemkab Mateng. (jml/riz)


comments