BPJS Ketenagakerjaan Sulbar Gelar Vokasi Bagi Pekerja Terdampak PHK

On Senin, Desember 02, 2019

MASALEMBO.COM



MAMUJU, MASALEMBO.COM - BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sulawesi Barat bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Majene mengadakan pelatihan Program Vokasi Indonesia, Senin (2/12/2019). 

Kegiatan ini dilaksanakan melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Majene. Acara yang digelar di gedung UPTD BLK tersebut bertujuan untuk melatih para pekerja yang pernah di PHK agar memiliki keterampilan, sehingga mampu meningkatkan kompetensi pekerja. 

Dalam kerjasama tersebut, telah dibuka empat jurusan yang dapat dipilih oleh para peserta yaitu menjahit, komputer, otomotif (sepeda motor), dan las.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Sulawesi Barat, Iman M Amin mengatakan, program vokasi bertujuan untuk memberi, memperoleh, meningkatkan, serta mengembangkan potensi kerja, produktivitas, disiplin, sikap dan etos kerja pada tingkat keterampilan dan keahlian tertentu.

"Setiap tenaga kerja yang telah mengalami PHK atau habis kontrak dapat mendaftar pada program vokasi nasional. Pendaftaran dapat dilakukan langsung melalui aplikasi BPJSTKU atau melalui website bpjs ketenagakerjaan yaitu www.bpjsketenagakerjaan.go.id. Setiap proses pelatihan tidak dipungut biaya dan akan diberikan sertifikat yang menjadi bekal untuk bekerja ditempat baru ataupun membuka usaha mandiri," terang Iman.


Iman menjelaskan, ada beberapa syarat untuk menjadi peserta pelatihan program vokasi Indonesia yaitu peserta harus sudah pernah menjadi peserta BPJS ketenagakerjaan selama minimal 1 tahun, dalam usia produktif (maksimal 40 tahun) dan bersedia mengikuti pelatihan secara bersungguh-sungguh sampai selesai.

"Kena PHK, jangan kuatir, ayo ikut vokasi bersama BPJS Ketengakerjaan," tutup Iman.

Sementara, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Provinsi Sulawesi Barat Drs. Maddareski Salatin, M.Si, mengatakan, kegiatan vokasi ini merupakan salah satu bentuk sinergitas antara Pemerintah Daerah dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam rangka mengoptimalkan pelaksanaan Sistem Jaminan Sosial Nasional sebagaimana diamanahkan dalam UU No. 40 tahun 2004 dan UU Nomor 24 Tahun 2011. 


"Saya harap kegiatan vokasi yang dilaksanakan di Kabupaten Majene ini dapat mengoptimalkan potensi keterampilan para pekerja dan menambah skill sehingga tenaga kerja kita dapat dengan percaya diri bersaing dengan calon pekerja lain serta meningkatkan produktivitas dan daya saing pekerja," ucapnya. (dir)

comments