-->

Hot News

Maradika Mamuju Nilai Masossor Manurung Sukses

By On Selasa, Desember 17, 2019

Selasa, Desember 17, 2019



MAMUJU, MASALEMBO.COM - Menjadi salah satu agenda utama dalam gelaran Festival Maradika Mamuju (FMM), Masossor Manurung telah dikemas baik dan sakral serta cukup sukses di mata Maradika Mamuju H. Andi Maksum Dai.

Anak dari Raja Mamuju terdahulu Djalaluddin Ammana Indah ini mengaku mengapresiasi kerja keras seluruh panitia dalam mempersiapkan kegiatan pencucian pusaka "Manurung" sehingga terkesan cukup sakral dan sukses di mata 93 kerajaan yang hadir.

"Banyak raja yang menyaksikan ini dan menyampaikan ke saya bahwa ini sudah sangat baik. Tentunya kita sangat bersyukur kalau semua merasa begitu," kata Pue Andi Maksum Dai, Selasa (17/12/2019).

Jalannya prosesi pencucian pusaka yang diyakini adalah kembaran dari Raja pertama Mamuju bernama Lasalaga tersebut semakin hikmad dengan prosesi adat dari kerajaan Bali yang memberikan nuansa etnik begitu kental sehingga nampak jelas dua kerajaan Bali dan Mamuju yang konon diceritakan memiliki ikatan pertautan sangat kental dalam gelaran tersebut.

Prosesi pencucian pusaka itu dilaksanakan di rumah adat Mamuju.

Sementara, Bupati Mamuju H. Habsi Wahid mengatakan, kegiatan Festival Maradika Mamuju (FMM) merupakan kegiatan yang pertama kali dilaksanakan dengan skala nasional, sehingga menjadi kebanggaan tersendiri bagi Masyarakat Mamuju.

Ningrat dari kerajaan Tapalang ini juga berharap agar FMM dapat menjadi media pemersatu terdapat semua kerajaan dan keraton se nusantara, serta menjadi sarana promosi terhadap kekayaan budaya dari masing-masing daerah.

Dari rangkaian FMM, akan dilanjutkan dengan karnaval budaya dan Mamuju fashion. 

Selanjutnya, Rabu (18/12/2019), bakal dilanjutkan dengan kegiatan visit Karampuang. (dir/red)

comments