-->

Hot News

Pemkab Mamuju Kembali Gelar Maulid dan Khatam Al-Qur'an di Pergantian Tahun

On Wednesday, December 25, 2019

MASALEMBO.COM



MAMUJU, MASALEMNO.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mamuju, kembali akan menggelar acara bernuansa religi, yakni khatam Al-Quran Massal dalam menyambut pergantian tahun.

Ditahun sebelumnya juga Pemda Mamuju telah melaksanakan kegiatan yang dimaksud.

Selain itu kegiatan ini dirangkaikan dengan peringatan Maulid Nabi besar Muhammad SAW 1441 H. 

Bupati Mamuju H. Habsi Wahid menyebutkan, upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Mamuju kembali melaksanakan berbagai item kegiatan bernuansa religi dimaksudkan, untuk membangun paradigma pembangunan yang berimbang antara fisik dan pembangunan mental spiritual.

"Alhamdulillah tahun ini kita sudah gencarkan sejumlah pembangunan fisik seperti pada tahun lalu yakni pembangunan jalan dan drainase dalam kota yang terus diperbaiki dan tahun ini ditambah lanscape dan GOR," katanya.

Selain itu lanjut dia, pembangunan juga telah dilakukan secara bertahap disetiap kecamatan secara merata.

Namun demikian Habsi tak mau larut pada satu aspek pembangunan yang bersifat fisik saja, karena keberhasilan pembangunan baru akan berarti secara utuh jika di imbangi dengan keberhasilan aspek lain secara non materil yakni pembangunan mental spiritual.

"Momennya sudah kita galakkan dengan berbagai model mulai dari ajakan memakmurkan masjid dengan gerakan salat subuh berjamaah, hingga kegiatan khatam Al-quran santri binaan Pemkab Mamuju yang terus kita kembangkan, dan rencannya di penghujung tahun nantinya kita akan kembali laksanakan khatamkan lagi sebanyak ribuan santri," katanya.

Kegiatan itu lanjut dia, akan diteruskan dengan kegiatan peringatan Maulid Nabi, dan pada malam pergantian tahun akan dilaksanakan Zikir Akbar di Anjungan Pantai Manakarra.

"Semua kita berharap keseimbangan pembangunan antara pembangunan fisik dan non fisik (mental spiritual) dapat berjalan beriringan, sehingga keberhasilan pembangunan tidak hanya di ukur berdasarkan barometer satu aspek saja melainkan secara menyeluruh, sehingga keberkahan senantiasa akan menaungi daerah yang kita cintai ini," ucapnya.

Namun demikian, Habsi menegaskan rangkaian kegiatan tutup tahun yang dilaksanakan pemkab Mamuju di anjungan pantai manakarra tidak jadi penghalang bagi masyarakat yang ingin memeriahkan malam tahun baru dengan berbagai kegiatan, selama tidak saling mengganggu dan tetap saling menjaga toleransi.

"Yang mau hiburan di luar silahkan, tapi yang mau nuansa berbeda dengan zikir ayo sama-sama kita hadir," ajaknya. (dir)

comments