-->

Hot News

Buktikan Keseriusan Tingkatkan SAKIP, Pemkab Mamuju 'Berguru' ke Kemenpan RB

By On Jumat, Januari 24, 2020

Jumat, Januari 24, 2020


Wakil bupati Irwan SP Pababari dan Sekkab Mamuju Suaib foto bersama Asisten Deputi Wilayah III Kemenpan RB Naptalina Sipayung. (Foto: Humas Setda Mamuju)


JAKARTA, MASALEMBO.COM - Membuktikan keseriusan dalam penyelenggaraan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), Pemerintah Kabupaten Mamuju 'berguru' ke Kementerian Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) di Jakarta.

Pemkab Mamuju belajar melakukan coaching clinik ke Kemenpan RB di Jakarta pada Kamis 23 Januari 2020 kemarin. Rombongan Pemkab Mamuju dipimpin wakil bupati Irwan Satya Putra Pababari dan Sekda H. Suaib.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Humas) Setda Pemkab Mamuju, Andi Rasmuddin membeberkan, seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ikut bertandang ke kantor Menpan RB di Jalan Jenderal Sudirman Kapling 69 Jakarta.
Rasmuddin mengatakan, wakil bupati Irwan Pababari di kesempatan itu, mengapresiasi atas kesempatan yang diberikan Kemenpan RB untuk setidaknya melakukan transformasi ilmu kepada jajaran Pemkab Mamuju.

Irwan mengakui, masih Pemkab Mamuju masih kurang dalam aktualisasi SAKIP, olehnya ia berharap agar semua kepala OPD dapat segera melakukan pembenahan dan koreksi terhadap kinerja masing-masing sekembalinya dalam mengikuti coaching clinik ini.

"Ini adalah sebuah sistem yang saling terkait, jadi keberhasilan itu bukan saja ditentukan oleh beberapa OPD yang menjadi leading dalam manajemen kinerja, akan tetapi sangat ditentukan pula oleh komitmen yang tinggi dari seluruh OPD yang menjadi komponen dalam lingkup pemerintah Kabupaten Mamuju," kata Irwan seperti dikutip Humas Setda Mamuju.

Irwan mengatakan, akan senantiasa melakukan pengawasan secara berkala terhadap kinerja pemerintahan utamanya sekaitan dengan peningkatan SAKIP lanjutan. Karenanya menurut Irwan, target untuk mengangkat nilai hasil evaluasi Menpan RB bukanlah hal yang mustahil selama itu semua dilakukan dengan team work yang saling mendukung satu sama lain.

Lebih teknis Irwan mengatakan, dengan peningkatan SAKIP Bappepan pun akan lebih mudah dalam mensinergikan kinerja OPD dalam mewujudkan target RPJMD di Pemkab Mamuju.

Menanggapi hal itu, Asisten Deputi Wilayah III Kemenpan RB Naptalina Sipayung menyambut baik upaya Pemkab Mamuju dalam memperbaiki catatan-catatan dari Menpan RB atas evaluasi SAKIP. Secara teknis kata Naptalina, out come-nya dapat membangun kesamaan persepsi OPD dalam memastikan integrasi sektor mewujudkan visi-misi kepala daerah.

Lanjut ia mengharapkan melalui kegiatan tersebut akan terbangun budaya kerja dan mindset dalam mengoptimalkan pemanfatan anggaran demi kesejahteraan masyarakat. (Adv/red)

comments