-->
https://rajaview.id/l1zfvR2Icz3Zr9hvg4vbpSO76Foy6i8uVNn6HXHq

Hot News

Intensifkan Pendidikan Karakter, SMP 5 Malunda Uji Coba 5 Hari Kerja

On Thursday, January 23, 2020

MASALEMBO.COM


Abdul Khalik (Ist)

MAJENE, MASALEMBO.COM - Dalam rangka menjalankan amanat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, SMP Negeri 5 Malunda Kabiraan Kecamatan Ulumanda mulai menerapkan uji coba sekolah lima hari kerja dengan penambahan jam mata pelajaran dan pembinaan karakter bagi pelajar.

Dasar uji coba lima hari kerja tersebut adalah Permendikbud Nomor 23 Tahun 2017 Tentang hari sekolah. Maka, SMPN 5 Malunda Kecamatan Ulumanda mengujicoba lima hari sekolah tersebut dengan tujuan utama adalah lebih intensifnya pendidikan penguatan katakter bagi siswa dengan kegiatan-kegiatan ekstrakulikuler.

"Sejak akhir 2019 kami sudah sosialisasikan ini (lima hari kerja sekolah) ke orang tua siswa, komite serta smua stakeholder yang ada," kata Abdul Khalik, Kepala SMP Negeri 5 Malunda, Kamis (23/1/2020).

"Alhamdulillah mereka sangat merespon," ucap Khalik, mengaku tujuan utama dari program ini adalah menciptakan siswa-siswi yang berkarakter.


Sosialisasi lima hari kerja sekolah di SMP Negeri 5 Malunda Desa Kabiraam Kecamatan Ulumanda belum lama ini. (Foto: Abdul Khalik untuk Masalembo.com)


Kasek Abdul Khalik mengatakan, pihaknya sudah merubah jadwal pelajaran dari 6 hari menjadi 5 hari. Jadwal tersebut sudah memasuki minggu ketiga bulan Januari ini.

"Walau masih terkendala sarpras (sarana prasarana) dan PTK namun kami akan trus menjalankan amanat Permen ini," tegas sarja sastra jebolan Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar ini.

Meski demikian, Khalik mengatakan, pihak SMP 5 Malunda masih menunggu rekomendasi dari Dinas Pendidikan Kabupaten Majene, Provinsi Sulbar untuk totalitas penerapan sistem lima hari kerja ini. (har/red)

comments