STKIP Muhammadiyah Enrekang Gelar Pengajian Ketarjihan

On Rabu, Januari 22, 2020

MASALEMBO.COM


Pimpian dan dosen STKIP Muhammadiyah Enrekang Gelar Pengajian Ketarjihan. (Ist/Masalembo.com)


ENREKANG, MASALEMBO.COM - Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Enrekang menggelar Pengajian Ketarjihan bagi segenap Pimpinan dan dosen, Sabtu (18/1/2020).

Kegiatan yang digelar di Aula Kampus II STKIP Muhammadiyah Enrekang bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai Al Islam Kemuhammadiyahan khususnya bagi pimpinan dan dosen. 

Menurut Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan dan Kemuhammadiyahan, Saidang, pengajian ini merupakan kegiatan yang baru pertama kali dilakukan namun akan dirancang untuk dilaksanakan secara rutin dan kontinyu.

“Pengajian ini adalah pengajian gabungan antara pimpinan dan dosen saja,” ujar Saidang.

"Dan Insya Allah, pengajian ini akan dilaksanakan secara rutin dan berkesinambungan," lanjutnya.

Sementara itu, Ketua STKIP Muhammadiyah Enrekang, Yunus Busa menjelaskan bahwa, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menguatkan nilai-nilai Kemuhammadiyahan bagi seluruh pimpinan dan dosen.

“Kajian ketarjihan yang kita laksanakan ini dimaksudkan agar para Pimpinan dan dosen bisa semakin paham akan nilai-nilai Kemuhammadiyahan sehingga betul-betul dapat terinternalisasikan dalam kehidupan kehari-hari,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Yunus, juga agar pimpinan dan dosen semakin paham bahwa penguatan Al Islam Kemuhammadiyahan (AIK) merupakan ciri khas dari Perguruan Tinggi Muhammadiyah.

Dia juga menambahkan, untuk menguatkan ideologi Muhammadiyah tidak hanya kegiatan pengajian ketarjihan yang akan dilaksanakan secara rutin namun dalam waktu dekat juga akan melaksanakan Baitul Arqam untuk pimpinan dan dosen.

Menurut Yunus, sesuai dengan petunjuk Pimpinan Pusat Muhammadiyah para dosen juga diharapkan agar nilai-nilai AIK terintegrasi dalam setiap mata kuliah.

“Setiap pembelajaran hendaknya ada penjabaran nilai AIK dalam setiap matakuliah, ini petunjuk dari Pimpinan Pusat Muhammadiyah," tandasnya.

Tema kajian ketarjihan yang digelar perdana bagi pimpinan dan dosen STKIP Muhammadiyah Enrekang adalah Ketauhidan.

Narasumbernya sendiri adalah anggota Majelis Tarjih Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Enrekang, Ustadz Abdullah Mujahid Basarang, S.Pd.I.,M.Pd. (bah/red)

comments