Kadis Safaruddin Bangun Komunikasi dengan Insan Pers

On Thursday, February 13, 2020

MASALEMBO.COM

Kepala Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Sulbar, Safaruddin bersama Kabid IKP, Sudarso Din, Kabid E-Government, Ridwan melakukan silaturrahmi di kantor Radar Sulbar. (Foto: Dinas Kominfo Sulbar)


MAMUJU, MASALEMBO.COM - Kepala Dinas Komunikasi Informatika (Kominfo), Persandian dan Statistik Sulbar, Safaruddin Sanusi bersama Kabid IKP Sudarso Din, Kabid E-Government Ridwan melakukan kunjungan silaturrahmi di Kantor Radar Sulbar, Rabu (12/2/2020).
Dalam kunjungannya, diterima langsung Direktur Radar Sulbar, Mustafa Kupung, Kepala Biro Harian Fajar Perwakilan Sulbar, Nasrun.

Kepala Dinas Kominfo, Persandian dan Statistik Sulbar, Safaruddin mengatakan, kedatangannya di Kantor Radar Sulbar merupakan kunjungan pertamanya semenjak dirinya dilantik.

"Sebenarnya sudah lama saya menjadwalkan bersilaturahmi ke kantor Radar untuk bertemu teman-teman, hanya saja agenda kegiatan yang begitu padat sehingga baru kali ini bisa menyempatkan diri," ujar Safaruddin.

Pada kesempatan tersebut, Safaruddin menyampaikan, tentang bagaimana pemerintah khususnya Kominfo bisa membangun komunikasi dan sinergitas dengan insan pers, seperti membicarakan langkah-langkah apa saja yang diperlukan untuk bisa mengkaji visi dan misi gubernur, serta program  apa saja yang menjadi prioritas agar nantinya dapat tersampaikan ke masyarakat.

"Kita mengetahui gubernur dan wagub memiliki visi dan misi yang kiranya dapat kita kawal dan dibantu oleh teman-teman khususnya di insan media. Pasalnya tanpa media, apapun yang dilakukan tidak akan dapat tersambung informasi kepada masyarakat, karena hanya media yang mampu melakukan itu. Jadi media sangat diperlukan, apalagi dinas kominfo dipercayakan untuk mengawal kerjasama dengan insan media," pungkas Safaruddin.

Selain hal itu, Safariddin juga menuturkan, kedepan Kominfo akan membatu semua OPD untuk menyebarluaskan informasinya terkait program prioritasnya. Ia mencontohkan, pada Dinas Pariwisata, bagaimana agar program yang mereka miliki dapat tersampaikan infromasinya ke masyarakat baik di daerah sendiri mapun di luar Sulbar.  

Safaruddin mengungkapkan, Kominfo menjadi wadah informasi dan data sekaligus sebagai corong Satu Data Indonesia (SDI) yang terpusat di Dinas Kominfo. Olehnya itu, diperlukan komunikasi yang baik dengan melakukan sharing duduk bersama dan bukan hanya berada di lembar kerjasama saja, akan tetapi bagaimana dapat terjalin hubungan yang baik diantara keduanya. 

Melalui kesempatan tersebut, Safaruddin tidak lupa menyampaikan ucapan selamat Hari Pers Nasional (HPN) yang jatuh pada tanggal 9 Februari lalu. 

"Walaupun terlambat tetapi kami tetap ingin mengucapkan kepada teman-teman dan sesuai agenda hari pers yang dilaksanakan di Banjarmasin yang mengangakat tema daya hidup Media Massa di Era Disrupsi, dimana  mengingatkan kepada insan media agar melakukan inovasi. Untuk itu inovasi ini kita jalin dengan membangun kerjasama dan pemerintah menyambut itu," tutur mantan Sekwan DPRD Sulbar itu.

Safaruddin berharap, dengan adanya pertemuan itu kedepan akan selalu duduk berdiskusi untuk sharing membahas langkah-langkah yang akan dilakukan dalam membantu gubernur,wagub dan sekda untuk melihat apa saja yang dapat dikembangkan kedepan.

"Hal ini dilakukan untuk membantu pimpinan dalam menyebarkan dan mengkaji visi dan misi agar dapat sampai ke masyarakat. Kedepan pihak OPD yang ada di lingkup Pemprov Sulbar akan kita lakukan komunikasi, agar apa yang menjadi target gubernur di OPD, mereka dapat dipublikasi di media sehingga dapat sampai ke masyarakat. Komunikasi ini juga membuka ruang kepada teman insan pers untuk memberikan sumbang saran dan pemikiran jika ada yang diperlukan kedepan untuk mempercepat pembangunan informasi agar sampai kemasyarakat," terangnya. 

Ia menambahkan, di hari pers tahun ini pihaknya berencana untuk melakukan suatu kegiatan eksebisi dalam rangka HPN, yakni kegiatan yang melibatkan semua unsur Forkopimda yang bertujuan agar dapat terjalin keakraban dan kedekatan dan keharomisan dengan insan pers," katanya. (ani/adv).

comments