Jaga Netralitas ASN, Ini Himbauan Bawaslu Kabupaten Pasangkayu

On Kamis, Februari 13, 2020

MASALEMBO.COM

Ardi Trisandy (ist)

PASANGKAYU, MASALEMBO.COM -- Demi menjaga netralitas ASN di Kabupaten Pasangkayu, Provinsi Sulbar di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020, Bawaslu kembali mengeluarkan himbauan.

Hal tersebut disampaikan Ketua Bawaslu Kabupaten Pasangkayu, Ardi Trisandy saat diwawancarai oleh sejumlah awak media di kantornya, Senin (10/2/2020).

Ardi mengatakan, hal ini dilakukannya agar ASN dapat menjaga proses demokrasi hingga tidak ternodai dengan praktik politik yang melibatkan ASN. 

"Berdasarkan Pasal 2 huruf f Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN, bahwa setiap pegawai ASN tidak berpihak dari segala pengaruh manapun dan tidak memihak kepada kepentingan siapapun,” ungkapnya.

Sebelumnya pada Jumat 7 Februari 2020 lalu salah satu Komisioner Bawaslu Kabupaten Pasangkayu Divisi HPP dan Penyelesaian Sengketa, Syamsudin, kepada media ini mengatakan, pihaknya telah melakukan pemanggilan terhadap 3 ASN lingkup Pemkab Pasangkayu karena diduga melanggar netralitas dan kode etik ASN.

"Kita sudah melakukan pemanggilan terhadap 3 ASN yang diduga melanggar netralitas dan kode etik ASN. Ketiganya sudah kita proses dan dalam waktu dekat berkasnya akan kita teruskan ke Komisi ASN setelah terlebih dahulu melakukan konsultasi ke Bawaslu Provinsi dan Bawaslu RI," jelasnya. (Eds/red).

comments