-->

Hot News

Bupati Majene Lantik Pengurus Saka Kalpataru DLHK

By On Jumat, Februari 07, 2020

Jumat, Februari 07, 2020


MAJENE, MASALEMBO.COM - Bupati Majene Fahmi Massiara melantik dan mengukuhkan pengurus Majelis Pembimbing dan Pengurus Satuan Karya Kalpataru Cabang Majene, Pangkalan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Pemkab Majene, Rabu 5 Februari 2020. Pelantikan Pengurus masa bakti 2020-2025 ini berlangsung di ruang pola kantor bupati Majene.

Dalam sambutan, Bupati Majene selaku Ketua Kwarcab Pramuka Majene Fahmi Massiara mengatakan, pelantikan dan pengukuhan Saka Kalpataru adalah proses regenerasi. Kata Fahmi, Saka Kalpataru ini adalah bagian dari Kwarcab yang spesifik, karena tidak semua OPD mempunyai Saka.

"Pada prinsipnya, adanya Saka di lingkup OPD itu tentu memiliki pertimbangan tersendiri yang diatur dalam regulasi, karena di OPD yang mempunyai Saka adalah OPD yang dekat dengan pelayanan langsung kepada masyarakat," ujar Fahmi.

Untuk pengkaderan dalam Pramuka, lanjutnya, dimulai dari sekolah sampai saat berumur tua. "Kita masih juga bergelut dengan Pramuka, karena menjadi pengurus Pramuka adalah pendalaman jiwa kemanusiaan, jiwa melayani dan selalu ingin membantu," ucapnya.

Dikatakan Fahmi, di Kwarcab Pramuka Majene, sudah membentuk kepengurusan yang baru, pengurusnya adalah insan muda yang masih gesit dan kuat. Sementara para senior Pramuka sudah masuk dalam Majelis Pembimbing dan Pembina.


"Pada intinya bila kita sudah menyatu dengan Dasa Darma Pramuka, maka kita akan semakin merasa dekat dengan alam. Ini terkait dengan Saka Kalpataru yang ada di DLHK hingga dapat juga membina ke sekolah-sekolah untuk pembinaan Adywiata di sekolah, termasuk di dalamnya adalah dalam hal pencegahan kerusakan lingkungan," tutur Ketua MPC Pemuda Pancasila Majene ini.

Ia mengatakan, lewat Saka ini, dapat pula disisihkan anggaran di OPD-nya untuk kegiatan Pramuka, karena biasanya ada undangan pertemuan antar Saka Kalpataru di tingkat nasional. Ini akan membangun kemitraan dengan semua pengurus Saka Kalptaru se Indonesia dan dengan sendirinya akan terbangun interaksi sosial di dalamnya.

"Hari ini kita sudah melantik dan mengukuhkan Saka Kalpataru, tentu ini akan terjalin sinergitas antara Tupoksi di kantor dengan kepramukaan," ucapnya.

"Sekali lagi saya ucapkan selamat kepada Dinas LHK yang telah resmi dilantik hari ini. Semoga kedepannya akan semakin tercipta personil yang tangguh dalam hal Lingkungan Hidup-Kebersihan dan juga saya berharap kedepannya akan menjadi motor terdepan untuk dapat meraih Piala Kalpataru bagi Kabupaten Majene," pungkas Fahmi.


Berikut Susunan Majelis Pembimbing Saka Kalpataru Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Pemkab Majene.

Ketua : H. Sudirman, S. Pd, M. Si
Wakil Ketua : Hj. Risma Yuliati, S. Pd
Sekretaris : Drs. Muh. Jufri, M. Pd
Bendahara : Muh. Hasanuddin, S. Sos
Angg : Hj. Fatmawati, SH
Angg : Rahmat Hatel, SKM, M. Kes

Susunan Pengurus Saka Kalpataru

Ketua : Muhammad Hasanuddin, S. Sos
Wkl Ketua : Surya Dharma, S. Pd
Sekretaris : Haniah, S. Si
Bendahara : Mika Irawati, S. Pi
Pamong Saka Kalpataru : Putra & Putri
Instruktur : Putra & Putri.

(adv/red)

comments