-->
https://rajaview.id/l1zfvR2Icz3Zr9hvg4vbpSO76Foy6i8uVNn6HXHq

Hot News

2 Positif Corona Asal Mamuju Jalani Isolasi Mandiri

On Sunday, April 12, 2020

MASALEMBO.COM


Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Pengendalian Covid-19 Sulbar, Safaruddin Sanusi

MAMUJU, MASALEMBO.COM - Sebanyak dua orang positif terinfeksi virus corona di Sulawesi Barat menjalani isolasi mandiri. Berdasarkan data yang diperoleh dari situs resmi Sulbar Tanggap Covid-19 Sulbar, 2 orang tersebut berasal dari Mamuju.

"Satu orang isolasi mandiri di Mamuju dan satunya lagi di Makassar," kata Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Pengendalian Covid-19 Sulbar, Safaruddin Sanusi, Sabtu (11/4/2020),

Sementara itu, data per Sabtu (11/4/2020), kasus positif Covid-19 di Sulbar terkonfirmasi sebanyak 5 orang. Satu diantaranya telah dinyatakan sembuh dan satu meninggal dunia.

Protokol Isolasi Mandiri

Sebagaimana diinformasikan pada situs resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes), orang yang terinfeksi corona dan menjalani isolasi mandiri harus menjalani protokol yang ditetapkan Kemenkes.

Ada delapan poin yang harus diperhatikan bagi orang positif corona yang menjalani isolasi mandir, berikut di antaranya:

1. Selalu memakai masker di mana pun berada, termasuk di dalam rumah. Setelah digunakan, segera buang masker ke tempat sampah.

2. Tetaplah berada di dalam rumah jika sedang sakit dan mengalami geejala demam, flu, atau pun batuk. Jangan pergi ke tempat-tempat umum untuk mencegah penularan virus corona ke masyarakat.

3. Lakukan konsultasi rutin dengan tenaga medis yang bertugas melalui portal informasi daring atau telemedicine.

4. Gunakan kamar terpisah dari anggota keluarga yang lainnya ketika di rumah. Dan selalau jaga jarak sejauh satu meter dari anggota keluarga lainnya. Perlu diingat pula, jangan memakai peralatan makan yang sama dengan anggota keluarga.

5. Lakukan pengecekan suhu badan harian. Selalu pantau juga kondisi batuk dan sesak napas yang dialami.

6. Selalu terapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), konsumsi makanan bergizi dan sering mencuci tangan menggunakan sabun minimal 20 detik.

7. Jaga kebersihan di dalam rumah dengan cairan disinfektan. Dan orang yang menjalani isolasi mandiri wajib berjemur di bawah sinar matahari selama 15-30 menit setiap harinya.

8. Hubungi segera petugas medis untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut jika sakit semakin parah. (dir/red)

comments