RQV Cabang Majene Salur Bantuan Sembako untuk Santri

On Wednesday, May 20, 2020

MASALEMBO.COM

Kepala Cabang Pengembangan Jaringan Baca Tulis dan Tahfidzul Quran Sektor Sulawesi RQV Indonesia Srikandi Suci Alfiah memberikan bantuan sembako dan uang tunai kepada para santri dan masyarakat yang terdampak Covid 19, Rabu 20 Mei 2020. (Foto: Abdul Hafid N)



MAJENE, MASALEMBO.COM - Bersedekah atau memberikan bantuan merupakan tindakan yang mulia dan masuk ke dalam salah satu sunnah yang sangat dianjurkan bagi umat Islam.

Tidak hanya berbentuk harta benda saja, melakukan sedekah bisa dengan apa pun, seperti ibadah fisik non material, menolong orang lain dengan tenaga dan pikirannya, senyum, memberi nafkah keluarga, mengajarkan ilmu, berdzikir dan lain sebagainya.

Manfaat sedekah bukan hanya dapat meringankan beban bagi yang menerimanya, melainkan bermanfaat bagi kelangsungan hidup yang memberinya. Allah SWT sangat memuliakan orang-orang yang bersedekah bahkan menjanjikan dan menyediakan balasan-balasan yang sangat besar.

Seperti inilah yang dilakukan pihak RQV Indonesia Cabang Majene dengan memberikan bantuan sembako kepada para santri dan masyarakat di lingkungan pengajian ketika sejumlah pesantren dan sekolah memutuskan untuk menutup tempat belajar dan memulangkan santrinya selama pandemic penyebaran wabah Coronavirus Disease (Covid-19) di sejumlah Negara termasuk di Indonesia.

RQV Indonesia menjadikan wabah ini sebagai ajang jihad untuk terus bermanfaat bagi masyarakat."Misi memberantas buta baca Alqur'an tidak akan terhenti hanya karena virus ini," kata Sultan Muda Azmi Fajri Usman Presiden RQV Indonesia melalui sambungan selulernya, Rabu 20 Mei.

Sultan Muda Azmi Fajri yang belum lama ini mendeklarasikan Kampung Qur'an di Majene menjelaskan, bantuan yang diserahkan itu merupakan bentuk Ikhtiar dari RQV Indonesia Pusat melalui Program Distribusi Sembako Gratis untuk Pecinta Alqur'an terdampak Covid-19."Program ini hadir sebagai bentuk kepeduliaan sesama untuk membantu meringankan beban keluarga pecinta Alqur'an ditengah pandemic," tuturnya.

Ia menguraikan, adapun keluarga pecinta Alqur'an yang dimaksud tidak hanya santri binaan RQV Indonesia, namun juga kepada masyarakat umum yang berinteraksi dengan Alqur'an, diantaranya guru Tahfidz dan yang ingin belajar Alqur'an serta masyatakat yang hidup di lingkungan pengajian.

"Tujuan memberikan bantuan kepada keluarga pecinta Alqur'an ini, agar tetap dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari khususnya dimasa pandemic ini," terangnya.

Sementara, Kepala Cabang Pengembangan Jaringan Baca Tulis dan Tahfidzul Qur'an Sektor Sulawesi RQV Indonesia Srikandi Suci Alfiah menjelaskan, adapun target distribusi bantuan kepada sejumlah masyarakat yang terdampak Covid-19, terutama yatim piatu dan duafa serta para lansia.

"Alhamdulillah saat ini RQV Indonesia sudah menebar sembako, paket berbuka dan paket sahur secara gratis di beberapa cabang-cabang RQV Indonesia, seperti DKI Jakarta, Bekasi, Aceh, Brebes dan salah satunya adalah Majene Sulawesi Barat," paparnya.

Ia menuturkan, jumlah paket yang dibagikan sebanyak 30 paket sembako jenis beras dengan volume 5 kilogram, minyak 2 liter dan telur serta 30 paket sahur berupa uang tunai yang diterima sebanyak 30 keluarga pecinta Alqur'an di Majene.

"Kegiatan ini berlangsung dengan tetap menerapkan aturan pemerintah social distancing, dihadiri para tokoh masyarakat, pengurus Masjid setempat, tim Sahabat Quran RQV Cabang Majene, Perwakilan Pengurus RQV Cabang Majene dan para penerima manfaat. Masyarakat merasa begitu terbantu dan berterima kasih kepada para donatur dan RQV Indonesia atas adanya distribusi sembako gratis ini," tutur Suci kelahiran Majene itu. (hfd/red)

comments