Telan Anggaran Rp45 Miliar, Ini Lokasi Pembangunan RS Pratama Majene

On Monday, June 01, 2020

MASALEMBO.COM

Lokasi pembangunan RS Pratama Majene, tepat berada di belakang Puskesmas Salutambung, Desa Salutambung, Kecamatan Ulumanda. (foto: masalembo.com/egi)


MAJENE, MASALEMBO.COM - Pemerintah Kabupaten Majene Sulawesi Barat memastikan akan membangun Rumah Sakit Pratama Tipe D di tahun 2020. Lokasi RS Pratama itu berada di Dusun Salutambung, Desa Salutambung, Kecamatan Ulumanda. Luas lokasi yakni 35.610 meter persegi, berada di belakang Puskesmas Salutambung.

Kepala Dinas Kesehatan Pemda Majene Rakhmat Malik mengungkapkan, pembangunan Rumah Sakit tersebut sudah dimulai. "Plan master sementara dikerjakan oleh konsultan perencana," ujar Rakhmat.

"Kalau yang kemarin itu gambar dan RAB yang kita ajukan untuk permintaan dana ke pusat," terang Rakhmat, Sabtu (30/5/2020).

Mantan Direktur RSUD Majene itu memastikan, Rumah Sakit kedua milik Pemda Majene itu dikerja tahun ini. Pengerjaan berakhir pada Desember 2020 mendatang.

Berdasarkan data Dinkes yang dibeberkan Rakhmat, total pagu anggaran pembangunan Rumah Sakit tersebut senilai Rp45 miliar. Anggaran meliputi kegiatan fisik bangunan senilai Rp27.923.820.000 dan pengadaan Alat Kesehatan (Alkes) sebanyak Rp14.845.066.133. Selain itu, terdapat anggaran kegiatan penunjang, meliputi desain perencanaan Rp1.113.488.000, biaya tender Rp58.832.867, penunjukan konsultan pengawas Rp58.832.867, biaya penyelenggaraan rapat kordinasi Rp29.250.000, dan pengendalian pengawasan Rp188.143.000.

Sementara itu, Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Majene Kasman Kabil, juga optimis pembangunan RS Pratama tersebut berjalan sesuai jadwal. Ia menyebut alokasi anggaran bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) 2020.

"Iye dibangun tahun ini dinda, ini
DAK bidang Kesehatan," ujar Kasman kepada awak masalembo.com, Minggu (31/5/2020).

Kasman mengatakan, meski saat ini terjadi refocusing anggaran besar-besaran untuk penanganan Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19, namun DAK untuk bidang Kesehatan dan Pendidikan tak direfocusing atau digeser.

Menanggapi hal itu, Ketua Komisi III DPRD Majene Muhammad Saafaat angkat jempol untuk kinerja Pemda Majene. "Tentu kita apresisi dengan adanya pembangunan Rumah Sakit ini. Ini adalah kabar terbaik masyarakat di tengah pandemi Covid 19. Kita mesti syukuri karena akan sangat mempermudah pelayanan khususnya di daerah pelosok," ucap Safaat.

Politisi muda PPP asal dapil Malunda dan Ulumanda itu mengajak pemerintah kecamatan, desa serta seluruh masyarakat Majene khususnya warga Malunda-Ulumanda untuk mendukung dan mengawal pembanguan Rumah Sakit tersebut.

"Ini luar biasa, hebat Pak Bupati di akhir masa jabatan ada Rumah Sakit untuk masyarakat Majene khususnya Malunda-Ulumanda," puji Safaat. (*)

Laporan: Tim Masalembo.com
Editor: Harmegi Amin

comments