-->

Hot News

Sudirman Calon Kuat Sekda Provinsi Jambi

By On Minggu, Juli 19, 2020

Minggu, Juli 19, 2020

Calon Sekda Jambi H. Sudirman menyalami Presiden RI Joko Widodo (dok/ist)


JAMBI, MASALEMBO.COM - H. Sudirman, Pejabat Sekda Provinsi Jambi saat ini berpeluang besar menjadi Sekda defenitif. Dari segi kepangkatan, pengalaman dan kemampuan lebih unggul dari dua calon lainnya Agus Sunaryo, Asisten Bidang Perekonomian dan Sri Agustini, Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan.

Keunggulan lain hampir dua tahun terakhir mendampingi Gubernur Jambi, Fachrori Umar mengendalikan birokrasi  Pemprov Jambi yang morat marit setelah kasus OTT oleh KPK yang melibat beberapa pejabat teras Pemprov Jambi. 

"Kesetiaannya total mendukung kinerja Pak Gubernur, " jelas Ketua Ikatan Alumni Lemhannas Provinsi Jambi, Mursyid Sonsang.

Disisi ke pangkatan, Sudirman sudah mencapai golongan IV D sedangkan Agus Sunaryo dan Sri Agustini baru IV C. Begitu juga pengalaman di birokrasi pernah jadi Kepala Biro Hukum Setda Pemprov Jambi lalu Sekda Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Assisten Administrasi Umum Setda Pemprov Jambi lalu jadi Pejabat Sekda.

Di bidang pendidikan dan latihan kepemimpinan pernah mengikuti Diklat PIM II dan Suscadoswir anggkatan XXXVI, Lemhannas RI dan pendidikan singkat lainnya. Pengalaman ke luar penugasan di Thailand dan Amerika Serikat.

Kepiawaiannya dalam berorganisasi di luar pemerintahan cukup melambu gkan Jambi di tingkat internasional. Sebagai Ketua Pramuka Provinsi Jambi diundang bersama Gubernur Jambi Fachrori Umar mengikuti THE 24th WORLD SCOUT JAMBOREE SUMMIT BECHTEL RESERVE WEST VIRGINIA, USA.

Di saat Pandemi Covid 19, Duet Fachrori dan Sudirman mampu mengendalikan wabah ini, Provinsi Jambi termasuk paling rendah angka kematian serta dalam lomba inovasi news normal Jambi dapat penghargaan dari Ketua Gugus Tugas Covid 19, Letnan Jenderal Doni Monardo.

Berdasarkan penilaian akhir panitia seleksi (pansel) nomor 1559/BAP/PANSEL JPT.MADYA/BKD-3.2/VII/2020 tanggal 17 Juli 2020, tinggal tiga nama yang masih bertahan. " Informasinya yang dapat nilai tertinggi dalam seleksi ini Sudirman," ujar sumber yang engan disebut namanya.

Kepala Biro Humas Pemprov Jambi, Johansyah mengungkapkan, hasil penilaian pansel yang diketuai Profesor Sukamto Satoto ini sudah dilaporkan ke Gubernur Jambi, Fachrori Umar.

“Sudah dilaporkan ke Pak Gubernur. Nanti gubernur akan laporkan hasil ini ke KASN untuk mendapatkan rekomendasi,” ujar Johansyah yang dihubungi Jum’at (17/7/2020) malam.

Johansyah menjelaskan, setelah rekomendasi KASN turun, Gubernur Jambi akan menyampaikan hasilnya ke Presiden Republik Indonesia melalui Sekretaris Kabinet.

“Kita tunggu saja penilaian Presiden untuk pemilihan Sekda definitif ini. Seskab akan membentuk tim untuk menentukan Sekda terpilih,” kata Johansyah. (rls/red)

comments