-->

Hot News

Andi Kasruddin Raja Muda Terpilih Ketua DPW APKASINDO Sulawesi Barat

By On Rabu, Agustus 05, 2020

Rabu, Agustus 05, 2020

Andi Kasruddin Raja Muda (sumbr: Zoom)


MAMUJU, MASALEMBO.COM - Dewan Pimpinan Wilayah DPW Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO) Sulawesi Barat telah menyelesaikan Musyawarah Wilayah Luar Biasa (Muswilub), Rabu (7/8/2020). Salah satu keputusan Muswilub adalah mengesahkan Andi Kasruddin Raja Muda sebagai Ketua DPW APKASINDO Sulbar.

Muswilub dimulai pukul 9.30 menggunakan aplikasi Zoom. Pertemuan virtual ini resmi dibuka Sekretaris Jenderal DPP APKASINDO, Rino Afrino, dilanjutkan pengarahan dari Ketua Umum, Gulat ME Manurung.

Muswilub dihadiri 23 peserta terdiri dari delapan perwakilan DPP APKASINDO, lima perwakilan DPW Provinsi Sulawesi Barat, tiga DPD Kabupaten Mamuju, dua Kabupaten Mamuju Tengah dan empat perwakilan Kabupaten Pasangkayu.

Kegiatan ini diawali pemeriksaan kelengkapan dan prosedur Muswilub, kemudian Sekjend DPP APKASINDO melanjutkan kepada tahap pemaparan pendapat dari pemilik suara.

Ketua DPD Pasangkayu, Mustawan, mengatakan anggota sebelumnya sudah sepakat untuk memilih kembali Andi Kasruddin sebagai Ketua DPW APKASINDO Sulawesi Barat. Ia mengaku sudah melihat kinerja Andi Kasruddin sejauh ini yang cukup intens komunikasi dengan Pemprov Sulbar serta GAPKI. Hal itu, kata dia, memudahkan dalam membangun dan terus mengembangkan APKASINDO di Sulawesi Barat.

"Memang masalah yang harus diselesaikan berkaitan tata niaga TBS. Kami harapkan kepemimpinan Andi Kasruddin di periode kedua bisa meperkuat harga TBS di tingkat petani,” ujarnya.

Pendapat serupa diungkapkan Ibrahim, DPD APKASINDO Mamuju Tengah yang mengatakan, “sangat setuju Bapak Andi Kasruddin menjadi ketua DPW APKASINDO Sulawesi Barat.”

Tidak berbeda jauh, pengurus DPW APKASINDO Sulawesi Barat, Gazali mengatakan apa yang sudah dilakukan ini sudah benar untuk menjadikan DPW Sulbar semakin baik dan setara dengan DPW APKASINDO di 21 Provinsi lainnya.

Dari keempat pemilik hak suara pada Muswillub tersebut, setelah musyawarah berlangsung selama 1,5 jam, maka secara sah terpilih secara aklamasi Andi Kasruddin Raja Muda sebagai Ketua DPW APKASINDO Sulawesi Barat periode 2020-2025. Setelah terpilih, pimpinan rapat mempersilahkan John Simamora bagian legal DPP APKASINDO untuk mengevaluasi prosedur pemilihan apakah sudah sesuai dengan AD/ART APKASINDO. “Sah,” kata John Simamora setelah mengevaluasinya selama 4 menit.

Sebelum Muswilub berakhir, Ketua Umum DPP APKASINDO Gulat Manurung berpesan agar ketua terpilih bermanfaat dan berguna untuk petani sawit di Provinsi Sulawesi Barat. Apalagi dipermasalahan tataniaga TBS dan PSR. Ia mengatakan sebagaimana pesan Ketua Dewan Pembina DPP APKASINDO Jend TNI (Purn) Moeldoko, bahwa pengurus APKSINDO harus membumi dan jadi andalan petani sawit di seluruh Indonesia.

“Untuk kebaikan petani sawit di Sulawesi Barat, dengan terpilihnya Pak Andi, harapan kita APKASINDO supaya lebih berkembang dan tidak mudah dipengaruhi oleh orang yang ingin menjatuhkan dan memecahbelah petani sawit,” tegas Gulat.

Ditambahkan Gulat bahwa Agustus adalah bulan perjuangan dan sakral bagi Indonesia. "Mari kita jadikan terpilihnya Bapak Andi Kasruddin Raja Muda sebagai kilometer nol periode kedua untuk memperjuangkan kesejahteraan petani sawit di Sulawesi Barat," tuturnya.

"Kalau kita, petani, sudah bersatu maka kesejahteraan menjadi milik kita, merdeka," tutup Gulat sambil mengepal tangan simbol petani sawit stara. (ril/red)

comments