-->

Hot News

Cegah Penyebaran COVID-19 Dosen Keperawatan Poltekkes Mamuju Beri Edukasi

On Thursday, September 24, 2020

MASALEMBO.COM



MAMUJU, MASALEMBO.COM - Masyarakat memiliki peran penting dalam memutus mata rantai penularan COVID-19 agar tidak menimbulkan sumber penularan baru, termasuk masyarakat pekerja pada tempat-tempat bangunan proyek jasa konstruksi, karena tingginya mobilisasi dan berinteraksi setiap saat. 

Masyarakat pekerja harus dapat beradaptasi di tengah pandemi COVID-19 ini dengan membiasakan bekerja yang lebih sehat, lebih bersih, dan lebih taat, untuk dapat memutus mata rantai penularan COVID-19 (risiko tertular dan menularkan) harus dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Upaya pencegahan penyebaran dan dampak COVID- 19 dalam penyelenggaraan jasa konstruksi dan dalam upaya pencegahan dampak COVID- 19 tersebut diperlukan protokol pencegahan penyebaran COVID-19 dalam penyelenggaraan jasa konstruksi bagi pengguna jasa dan penyedia jasa, yang merupakan bagian dari keseluruhan kebijakan untuk mewujudkan keselamatan dan kesehatan bagi pekerja.

Pentingnya edukasi protokol kesehatan pencegahan COVID-19 ini, mendorong Dosen Jurusan Keperawatan Poltekkes Mamuju yang tergabung sebagai Tim Pengabdian Masyarakat bersama Tenaga PLP dan dibantu beberapa mahasiswa memberikan edukasi kesehatan terkait upaya pencegahan COVID-19 yang dilaksanakan pada hari senin (21/09/2020) di Kampus Poltekkes Kemenkes Mamuju, karena mengingat di lokasi kampus adanya proyek bangunan jasa konstruksi gedung baru jurusan keperawatan yang melibatkan beberapa pekerja.

Menurut Andi Nasir, SKM. M. Kes. M. H selaku dosen keperawatan yang terlibat didalam tim tersebut mengungkapkan bahwa lazimnya kegiatan ini sebagai bentuk pengabdian sebagai dosen di Poltekkes Mamuju khususnya di jurusan keperawatan sebagai bentuk Tri Darma Perguruan Tinggi di kampus yang dilakukan setiap tahunnya. 

"Sebagai bentuk tanggung jawab kami memberikan pengabdian kepada masyarakat, karena adanya kondisi pandemi ini kami hanya melaksanakan di wilayah terdekat khususnya di kampus kami yang secara kebetulan terdapat beberapa pekerja yang dipekerjakan dalam proyek bangunan gedung baru jurusan keperawatan," kata Nasir, Senin (21/9/2020).


Sementara anggota Tim Pengabmas, Iqra, S. Kep. Ns. M. Kep mengatakan bahwa ada beberapa rangkaian kegiatan yang dilakukan, selain memberikan edukasi kepada para pekerja terkait pentingya upaya pencegahan COVID-19, di lingkungan kerja, juga dilakukan pengukuran suhu tubuh, pemeriksaan tekanan darah, dan memberikan suplemen vitamin secara gratis bagi pekerja.

"Alhamdulillah secara kondisi fisiknya semua baik, namun bagi kami tetap menyampaikan bahwa pentingnya kewaspadaan terhadap bahaya virus corona ini," ungkapnya.

Sementara itu, menurut salah satu pekerja, Fadly, K. menyampaikan terima kasih melalui pemeriksaan kesehatan mulai dari mengukur suhu tubuh dan tekanan darah serta adanya pesan informasi kesehatan tentang protokol pencegahan virus corona ini tentunya tetap berhati-hati dan displin demi mencegah penularan penyakit ini.

Selain itu, tim pengabdian masyarakat dosen keperawatan juga membagikan masker yang langsung diberikan kepada setiap pekerja, dengan menyampaikan tetap disiplin, menjaga kesehatan diri sendiri dan keluarga. (Dir/Sir/red)

comments