-->

Hot News

Gubernur Sulbar-Kepala BP2MI Pantau Kesiapan Sarana Tanjung Silopo

On Friday, September 18, 2020

MASALEMBO.COM

Gubernur Ali Baal Masdar berbincang dengan penumpang kapal saat berkunjung ke Pelabuhan Silopo Binuang Polewali Mandar. (Foto: Dinas Kominfo Sulbar)


POLEWALI, MASALEMBO.COM - Untuk memastikan kesiapan Pelabuhan Tanjung Silopo sebagai sarana pelabuhan laut yang akan digunakan para Pekerja Migran Indonesia (PMI), Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar bersama Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Ramdhani dan Wakil Bupati Polman Muh Natsir Rahmat memantau kesiapan sarana prasarana tersebut.

Gubernur Ali Baal Masdar mengunjungi pelabuhan yang berada di Kecamatan Binuang Kabupaten Polman Provinsi Sulbar ini, Kamis 17 September 2020. Sebelumnya, Ali Baal juga melakukan pemantauan kesiapan sarana pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Polewali Mandar.

Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar menyampaikan, peninjauan ini untuk memaksimalkan pelayanan pemerintah daerah selaku pemberi pelayanan kepada masyarakat Sulbar. Salah satunya memberikan pelayanan kepada Pekerja Migrain Indonesian (PMI), khususnya asal Sulbar.

"Tadi kita sudah melakukan peninjauan sejumlah fasilitas di Pelabuhan Tanjung Silopo sebagai pelabuhan laut yang akan dipersiapkan untuk angkut seperti barang, orang, dan lainya. Maka dari itu kita sudah menyiapkan segalanya begitu juga segala hal yang kurang akan segera diperbaiki," kata Ali Baal, Kamis (17/9).

Mantan Bupati Polman dua periode itu juga mengemukakan, terkait pembangunan hunian sementara (shelter) dan peti kemas, akan segera disiapkan lahannya. Minimal 10 hektar akan dipersiapkan.

Kepala BP2MI Benny Ramdhani mengatakan, peninjauan itu dilakukan sebagai tindak lanjut pemerintah  sekaligus memantau kesiapan sarana dan prasarana dimulai dari sarana kesehatan, kesiapan shelter,  pelabuhan, pertahanan negara dan  dukungan Peraturan Gubernur yang perlu menjadi contoh bagi semua provinsi di Indonesia.

"Kami hari ini melihat langsung sarana kesehatan bagi para PMI di RSUD Polman. Dukungan terhadap perlindungan PMI yang dilakukan di Sulbar ini baru pertamakali, begitu juga bagi sarana debarkasi dan embarkasi pengembangan stkeholder di Provinsi Sulbar. Hal-hal inilah yang menarik bagi saya sehingga saya datang ke Sulbar," ujar Benny.

Masih kata Benny, kebijakan yang telah dilakukan oleh Gubernur Sulbar terhadap PMI akan disampaikan ke Mendagri, dan saat ini pihaknya akan menunggu jadwal Kemendagri terkait permohonan langkah instruksi Gubernur Sulbar agar dapat menjadi rol model percontohan bagi Bupati, Walikota dalam membuat Pergub di bidang perlindungan PMI dan terutama dalam memerangi bentuk kejahatan sindikat pengiriman pekerja ilegal.

"Jadi sindikat ilegal adalah pengirimannya bukan PMI-nya karena PMI adalah korban," tandasnya.

Sementara, Wakil Bupati Polman, Muh Natsir Rahmat mengemukakan,  Tanjung Silopo merupakan salah satu yang dirintis oleh Gubernur Sulbar sewaktu masih menjabat sebagai Bupati Polman saat itu, dimana menurutnya Tanjung Silopo merupakan salah satu terobosan maju bagi pembangunan daerah dan hal tersebut telah terbukti saat ini. (Adv)

comments