-->

Keperawatan Poltekkes Mamuju Sosialisasi Bantuan Hidup Dasar

On Saturday, October 24, 2020

MASALEMBO.COM



MAMUJU, MASALEMBO.COM - Kejadian emergency bagi setiap individu dapat terjadi setiap saat, kapan saja, dimana saja dan mungkin kejadian tersebut dapat mengancam nyawa yang berujung kematian dan seringkali bagi kita masyarakat awam sulit untuk memprediksi kejadiannya.

Parahnya lagi, bila terjadi emergency dapat menimpa siapa saja tanpa mengenal perbedaan usia seseorang, baik pada bayi, usia anak-anak, remaja dewasa lebih-lebih kepada orang berusia lanjut.

Diperlukan langkah awal tindakan yang harus dilakukan dalam penyelamatan nyawa didalam kejadian emergency yaitu kemampuan memberikan Bantuan Hidup Dasar (BHD) atau Basic Life Support (BLS).

Hal inilah yang mendorong salah satu organisasi kemahasiswaan Poltekkes Kemenkes Mamuju melalui HMJ-Keperawatan yang tergabung dalam Nursing Emergency Team (NET) melakukan kegiatan Sosialisasi Bantuan Hidup Dasar (BHD).

Disela pembukaan, Direktur Poltekkes Kemenkes Mamuju, H. Andi Salim mengapresiasi kegiatan Mahasiswa HMJ-Keperawatan ditengah pandemi corona, tidak menyurutkan semangat mahasiswa untuk berkegiatan, termasuk dengan memanfaatkan fasilitas IT.


"Mahasiswa jangan mau tertinggal, lakukan selagi kegiatan bermanfaat pengembangan keilmuan tetapi yang terpenting hendaklah tetap memperhatikan protokol kesehatan COVID-19," imbuh Andi Salim, Sabtu (24/10/2020).

Dia berharap melalui kegiatan tersebut dapat memetik apa yang menjadi ilmu untuk mengasah soft skill.

Sementara, Ketua NET Jurusan Keperawatan Resti Asri Milenia mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari tetap memperhatikan protokol kesehatan COVID-19.

"Sebelum kegiatan, kami telah berkoordinasi dengan bagian kemahasiswaan di jurusan kami dan tetap mempertimbangkan apa yang menjadi arahan pihak tim Satgas COVID-19 di tingkat rektorat kampus kami," ujarnyan.

Resti menjelaskan, kegiatan tersebut diikuti 10 peserta dari masing-masing jurusan (Keperawatan, Sanitasi, Gizi dan Kebidanan) dengan narasumber para dosen Poltekes.


Sementara itu, Kemahasiswaan Jurusan Keperawatan Iqra menjelaskan, kegiatan berlangsung secara via zoom.

"Untuk dihari terakhir kegiatan praktik secara luring dengan tetap memperhatikan protokol COVID-19. Mengukur suhu, cuci tangan dan menggunakan masker," ujarnya.

Iqra berharap, HMJ dan NET terus dapat bersinergi dalam melakukan kegiatan selanjutnya dimasa-masa mendatang. (Andi Nasir)

comments
close
Banner iklan disini