-->

Tumpukkan Sampah Berserakan di Sepanjang Jalan Pasar Induk Wonomulyo

On Wednesday, November 18, 2020

MASALEMBO.COM

Sampah di sekitar pasar induk Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar (Foto: Siti Husnul Khotimah)


POLEWALI, MASALEMBO.COM - Sampah kerap kali menjadi penyebab terjadinya banjir. Permasalahan sampah terjadi di berbagai daerah termasuk di Kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat. 

Kepadatan aktifitas perdagangan di pasar induk Wonomulyo jadi pemicu menumpuknya sampah. Warga tak jarang buang sampah di sekitar pasar tersebut. Kegiatan perdagangan di sini memang cukup padat dan tentu menyumbang kontribusi sampah lebih banyak. Meski pendapatan untuk daerah dari aktifitas pasar tak bisa dipungkiri, tapi sayang perhatian terhadap masalah sampah di tempat ini belum cukup baik.

Beberapa warga yang bahkan seorang warga sedang membuag sampah terlihat santai saat membuangnya di sekitar pasar.
"Saya membuang sampah di sekitar pasar induk karena tidak ada tempat sampah lagi yang disediakan pemerintah dan sudah banyak sampah lainnya di sekitar pasar Wonomulyo ini," ucap Wilda, salah satu warga yang membuang sampah.

Sampah-sampah di sini bukan hanya berasal dari warga Kecamatan Wonomulyo melainkan dari kecamatan tetangga yang hendak berdagang atau berbelanja. Bahkan adapula yang memang ke pasar induk Wonomulyo bertujuan hanya untuk membuang sampah karena bebasnya membuang sampah sembarangan tempat di situ.

Memang, sampah yang berserakan di sekitar pasar induk Wonomulyo kerap membuat pemerintah berusaha mengatasi. Salah satu upaya yang saat ini pemerintah lakukan yaitu telah menyediakan 3 truk sampah dan 4 motor tiga roda. Namun upaya tersebut masih belum membuahkan hasil yang maksimal. Tahun depan pemerintah akan mencoba kembali usaha untuk mengurangi sampah dengan memberikan truk-truk sampah di setiap desa guna mengurangi sampah yang berserakan di sekitar pasar induk Wonomulyo.

"Untuk urusan sampah sudah saya musyawarahkan dengan masing-masing desa untuk menyediakan truk sampah tahun depan, besar apapun usaha pemerintah untuk mengatasi sampah di sekitar pasar induk tanpa adanya kesadaran masyarakat itu tetap mempengaruhi banyaknya sampah. Pemerintah dan masyarakat harusnya bekerja sama agar bisa bersama-sama mengatasi sampah yang berserakan di sekitar pasar Wonomulyo," ucap Nasrul Ambas, Camat Wonomulyo. (*)

Penulis : Siti Husnul Khotimah (Jurnalis Warga)

comments
close
Banner iklan disini