-->

Berjalan Kaki, 13 Komunitas di Sulselbar Distribusi Bantuan ke Ulumanda

On Sabtu, Januari 23, 2021

MASALEMBO.COM

Relawan gabungan 13 komunitas saat mendistribusi bantuan logistik di Kecamatan Ulumanda. (Foto: Mila untuk Masalembo.com)


MAJENE, MASALEMBO.COM - Puluhan pemuda dari gabungan komunitas mendistribusikan bantuan dengan berjalan kaki menuju Kecamatan Ulumanda, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat. Komunitas-komunitas yang terlibat, yakni Blantara Care, Rumah Baca Inspirasi, Wanua Sulolipu, Gatra Mamasa, Gerakan Infaq Beras, Simpul Peradaban Palopo, Galeri Pusaka Luwu, IKA Alumni Sastra Jepang FIB Unhas, Aqilah Catring, Jendela Pendidikan, Ikatan Pemuda Anreapi, Karang Taruna Anreapi, dan Himpunan Mahasiswa Latimojong.

"Kami akan menyisir desa-desa yang ada di kecamatan Ulumanda untuk distribusi logistik yang disumbang masyarakat yang ada di Indonesia," kata Cakai Sandulang, leader gabungan komunitas ini ditemui di Salutambung, Kecamatan Ulumanda, Rabu (20/1/2021).

Cakai mengatakan, mereka memang sengaja mendistribusi langsung bantuan logistik kepada warga. Harapannya selain untuk memastikan bantuan tersalur kepada warga korban gempa juga untuk melihat langsung kondisi korban dan dampak gempa 6,2 magnitudo yang mengguncang sejumlah wilayah di Sulbar salah satunya di Kecamatan Ulumanda.

"Kami memang upayakan masuk langsung untuk menjangkau beberapa titik yang urgent, kemudian setelah itu akan di-follow up mulai dari pengambilan gambar dan kondisi yang ada akan kami lempar kepada yang berwenang. Semoga kedepannya bisa cepat kondusif setidaknya akses dari semua kecamatan ini bisa terjangkau oleh logistik," tutur Cakai.

Dari pantauan laman ini, puluhan relawan 13 komunitas ini mulai berjalan kaki dari Desa Salutambung menuju Kabiraan, Rabu (20/1) pagi. Para relawan membagi diri dengan target beberapa titik desa terdampak gempabumi, 14-15 Januari lalu. Ada yang hanya menarget desa Kabiraan, kemudian ada yang menarget Tandeallo, Ulumanda hingga desa terjauh yakni Desa Popenga.

Hingga kini, relawan sebagian masih berjalan menuju target mereka. Sebagian lainnya sudah kembali. (Har/Red)

comments