-->

Pastikan Awal Puasa, BMKG Majene Pantau Hilal di Lokasi Ini

On Senin, April 12, 2021

MASALEMBO.COM

Ilustrasi (net)


MAJENE, MASALEMBO.COM - Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Majene Provinsi Sulawesi Barat akan melakukan pemantauan hilal guna memastikan awal Ramadhan 1442 Hijriah. BMKG Majene akan memantau pergerakan hilal atau bulan untuk memastikan apakah 1 Ramadhan jatuh pada Selasa, 13 April 2021.

Prakirawan BMKG Majene Santi mengatakan, pemantauan hilal akan dilaksanakan di Tanjung Mercusuar Sumare, Kecamatan Simboro, Kabupaten Mamuju pada pukul 16.30 Wita. "Di sana kami akan bersama-sama dengan Kementerian Agama untuk pemantauan," kata Santi, Senin (12/4/2021).

Selain di Sumare, Mamuju, Sulbar, BMKG dan Kementerian Agama juga akan melakukan pemantauan di 33 lokasi lainnya di seluruh Indonesia. Pemerintah telah menggunakan metode ruyatul hilal atau melihat langsung pergerakan bulan untuk memastikan kapan umat Islam Indonesia mulai berpuasa.


Meski hampir dipastikan 1 Ramadhan jatuh pada, Selasa 13 April 2021 namun keputusan pemerintah akan diambil melalui sidang isbat melalui Kementerian Agama RI. Sidang isbat akan digelar, Rabu (12/4) petang nanti dengan menghadirkan wakil ormas-ormas Islam yang ada di Indonesia.

Untuk diketahui, penentuan 1 Ramadhan bukan hanya dilakukan melalui ruyatul hilal, namun ada juga dengan hisab atau perhitungan. Bagi mereka yang menggunakan hisab, jauh-jauh hari sudah menentukan 1 Ramadhan 1442 Hijriyah. Seperti organisasi Islam tertua di Indonesia Muhammadiyah. Mereka menggunakan hisab dalam penentuan awal bulan. Muhammadiyah memastikan 1 Ramadhan bertepatan dengan 13 April 2021 besok. (Hr/Red)

comments