-->

Siswa SMA 3 Majene Tembus Fakultas Kedokteran

On Jumat, Juni 18, 2021

MASALEMBO.COM


MAJENE, MASALEMBO.COM - Penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2021 memberikan berkah tersendiri bagi salah seorang siswa SMAN 3 Majene. Adalah Andi Nurul Alfiah Syahrir. Ia berhasil menembus Fakultas Kedokteran.

Alfiah, sapaan Andi Nurul Alfiah Syahrir sejak awal memang sudah bercita-cita untuk menembus jurusan kedokteran pada salah satu perguruan tinggi. Berbagai persiapan telah dilakukan, baik persiapan di sekolah dengan cara belajar ataupun privat di luar sekolah. Ia juga melakukan berbagai bentuk pembelajaran mandiri.

Pada saat pendaftaran mahasiswa melalui jalur SNMPTN, Andi Nur Alfiah merasa akan dapat diterima di jurusan kedokteran di salah satu perguruan tinggi. Hal tersebut diyakini karena melihat dan menganalisis nilai yang dimilikinya cukup baik dan diperkirakan mampu bersaing dengan nilai oleh siswa di sekolah lain. Hal itupun diamini oleh operator PDSS SMAN 3 Majene yang secara khusus memberikan keyakinan bahwa nilai Alfiah bisa diandalkan menembus persaingan di jalur SNMPTN. Tetapi, harapan berkata lain. Fia, tidak berhasil terjaring dari salah satu jurusan yaitu kedokteran gigi.

"Sedih, kecewa dan hampir putus asa dirasakan saat itu. Tetapi oleh guru SMAN 3 Majene selalu memberikan penguatan dan sugesti bahwa, kegagalan di jalur SNMPTN bukanlah akhir dari segalanya," kata Alfiah seperti dikutip sahabatliterasi SMA Negeri 3 Majene.

Ditambah lagi dorongan moril dari orangtua membuat Fia terus mendapat penguatan positif. Secara perlahan, dia kembali bersemangat dan termotivasi untuk mendaftar pada jalur lain. Sesaat setelah pengumuman SNMPTN, jalur SPAN PTKIN kembali dibuka. Fia dengan motivasi dan keyakinan yang tinggi kembali mencoba mendaftar pada jalur tersebut. Harapannya dapat menembus jurusan yang memang sudah dicita-citakan sejak kecil.

Tetapi, rezki, keberhasilan dan kegagalan memang sudah diatur oleh sang Maha Khalik. Fia kembali gagal menembus persaingan pada jurusan yang dipilihnya di salah satu perguruan tinggi. Kembali, Fia merasa sedih dan sangat terpukul dengan kegagalan yang kedua kalinya. Tekad yang kuat, semangat dan motivasi yang sudah tertanam kuat dalam diri Fia menjadikannya tetap tegar menghadapi kenyataan saat itu.

"Sembari dalam hati, mengatakan bahwa saya pasti bisa. saya pasti lulus," kenang manta Sekretaris OSIS SMA 3 Majene itu.

Sampai tibalah saatnya pendaftaran mahasiswa baru melalui jalur SBMPTN terbuka. Dengan keyakinan yang tinggi Fia kembali mendaftar pada jalur tersebut. Persiapan yang matang, belajar yang tidak pernah berhenti dilakoni oleh untuk dapat menembus persaingan di jalur SBMPTN. Maklum, karena jalur SBMPTN berbeda dengan jalur SNMPTN dan SPAN PTKIN. Kedua jalur tersebut dilakukan dengan melihat persaingan nilai semester 1-5 dari semua siswa yang mendaftar dikedua jalur tersebut, tetapi pada jalur SBMPTN dilakukan dengan pelaksanaan tes. Dengan keyakinan yang tinggi Fia mengikuti tes SBMPTN yang dilaksanakan di Unsulbar sebagai salah satu panitia UTBK SBMPTN.

Sampai pada akhirnya, pengumuman SBMPTN menyatakan bahwa Andi Nurul Alfiah Syahrir dinyatakan diterima di jurusan Kedokteran di Universitas Mulawarman salah satu perguruan tinggi negeri terkemuka di Kalimantan. Salah seorang siswa, yang juga sohib dari Fia, Andi Nurul Halisah juga dinayatakan lulus di Universitas Mulawarman pada jurusan ekonomi syariah.

Kepala SMA Negeri 3 Majene, Tanda, S.Pd. M.AP merasa sangat bersyukur dengan keberhasilan siswanya menembus salah satu jurusan favorit di Indonesia. "Berita tentang hasil SBMPTN yang diperoleh oleh siswa SMAN 3 Majene sudah didengar dan dilaporkan oleh siswa itu sendiri. Lebih jauh beliau mengatakan bahwa ini merupakan sebuah prestasi yang luar biasa, karena sejak beberapa tahun terakhir, belum ada siswa SMAN Majene yang dapat menembus jurusan favorit tersebut," kata Tanda.

Terakhir pada tahun 2005/2006 siswa SMAN 3 Majene dapat menembus jurusan kedokteran di UNHAS atas nama Wahdiat dan M Ayyip Kalma yang merupakan alumni kedokteran di UMI Makassar tahun 2005. Selain itu, ada juga beberapa siswa yang telah diketahui lolos pada jalur SNMPTN, jalur SPAN PTKIN pada perguruan tinggi Unsulbar dan STAIN Majene.

"Semoga dengan keberhasilan ini dapat menambah kualitas dan prestasi SMAN 3 Majene kedepannya," ujar Kepala Sekolah.

Ditempat lain, pengawas SMAN 3 Majene, Dra Roswati Karama, M. Si merasa sangat gembira. Beliau mengatakan bahwa berhasilnya siswa SMAN 3 Majene merupakan sebuah prestasi yang luar biasa. "Ini adalah sebuah prestasi dan prestisius bagi SMAN 3 Majene. Saya sangat yakin bahwa SMAN 3 Majene merupakan salah satu sekolah yang unggul di Sulawesi Barat. Ini ada beberapa fakta yang bisa dijadikan dasar, bahwa SMAN 3 Majene dalam ajang atau lomba baik tingkat kabupaten, provinsi maupun nasional SMAN 3 Majene selalu berhasil mengirim utusannya," ujar Roswati.

Ditambah lagi, guru dan staf disana menpunyai kompetensi dan kemampuan yang baik. "Selamat buat SMAN 3 Majene, semoga kedepannya semakin memperlihatkan perkembangan yang signifikan untuk kemajuan pendidikan di Sulawesi Barat," pungkas Roswati. (Hr/Red)

comments